Tips Jitu Buat Blog WordPress Bagian 2

Tips Jitu Buat Blog WordPress Bagian 2

Tips Jitu Buat Blog WordPress Bagian 2

7# Buat Pernyataan Singkat Siapa Anda dan Tentang Apa Blog Ini

Saat tulisan Anda diharapkan dibaca oleh orang lain, orang yang membacanya pun pasti mengharapkan juga informasi tentang siapa yang telah membuatnya dan tentang apa tulisan itu dibuat. Tak perlu bertele tele menerangkannya, beri saja penjelasan singkat dan padat. Dan untuk informasi lengkap Anda bisa dengan mudah menambahkan link ke About  page.

Tambahkan semacam Custom Text Widget di Sidebar blog untuk menampilkan paragram singkat tentang Anda dan sebuah link ke About Page blog Anda.

8# Pastikan Blog Ramah Mobile

Tren global internet mengatakan bahwa 51 persen orang dewasa menghabiskan waktu daring menggunakan perangkat mobile sedangkan menggunakan desktop hanya 42 persen. Bisa Anda bayangkan seberapa besar peluang yang tertutup saat Anda tidak memperhatikan pengguna perangkat mobile.

Solusi mudah tanpa banyak menghabiskan waktu dan uang, gunakan saja WordPress Theme yang sudah pasti siap untuk pemakaian segala macam perangkat dan pasang PlugIn seperti Wptouch Mobile yang membuat blog lebih responsif meskipun menggunakan perangkat mobile atau tablet.

Baca Juga: Tips Belajar Membuat Blog

9# Pastikan Cepat Diakses

Khususnya untuk pengguna perangkat mobile, blog WordPress Anda haruslah cepat. Pihak Google menyarankan 2 detik waktu untuk mengakses blog Anda.  Gunakan WordPress Theme merupakan saran terbaik agar situs web Anda dapat terlihat di berbagai perangkat.

Belajarlah tentang PlugIn seperti WP Super Cache untuk mempercepat blog WordPress Anda.

10# Gunakan Materi yang Ringan

Meskipun artikel Anda termasuk artikel pendek atau panjang, yang terpenting jadi fokus Anda adalah bagaimana artikel tersebut bisa lebih mudah dibaca dan dimengerti oleh para pembaca. Beri judul, gambar dan video untuk menambah artikel lebih menarik dan informatif. Dan tentunya gunakan paragraf pendek

11# Selalu Perbaharui Konten Lama

Pilih konten lama Anda, pastikan untuk memoles lagi artikel yang masih memiliki efek kekinian. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, seperti buat sesuatu yang benar baru dan berikan link balik ke artikel lama yang masih berkorelas, bisa juga berikan tambahan konten baru pada artikel lama atau gunakan artikel lama tersebut untuk membuat konten bentuk baru seperti video , audio atau gambar.

12# Jaga Interaksi dengan Pembaca Pemberi Komentar

Saat pembaca artikel Anda berikan komentar, jawab sesegera mungkin, meskipun hanya ucapan terima kasih. Hal tersebut adalah penting karena dengan cara itu perhatian Anda dirasakan. Memang akan banyak memakan waktu Anda, tapi melalui interaksi seperti inilah yang bisa mendorong pembaca untuk kembali lagi ke blog Anda dan menciptakan “kehidupan” di blog Anda.

13# Rajin Berbagi Konten

Berbagilah konten di media sosial, tanpa harus menggantungkan harapan hanya pada keberadaan situs Anda di mesin pencari. Gunakan alat Publicize di Jetpack – WordPress untuk menghemat wakt u saat Anda posting ke media sosial.

Ikuti cara cerdas ini, gunakan bentuk hashtag yang banyak diikuti oleh orang banyak. Misal, banyak orang mengikuti #wordpress dan #blogging. Atau jika Anda masih belum yakin bentuk hashtag yang tepat, coba gunakan alat seperti WhatTheTrend.com atau Buzzsumo.com untuk melakukan penelitian atau analisa tentang hashtag yang ampuh untuk Anda.

14# Publikasi Ulang Konten di Situs Lain

Publikasi ini akan membawa konten Anda kepada jumlah massa yang lebih banyak lagi. Ada beberapa situs pilihan untuk itu, seperti KISSmetrics, CoSchedule, dan Medium.

15# Modifikasi Bentuk Konten

Perlu dijadikan perhatian, bahwa pembaca artikel blog akan lebih nyaman dan jauh lebih baik dalam memahami suatu konten jika Anda menggunakan media penyampaian yang berbeda beda, bisa video, audio atau gambar. Hal ini terjadi karena setiap orang mempunyai kecendrungan suka pada bentuk media tertentu. Jadi kesempatan ini pastinya akan membuka pintu lebar bagi Anda untuk menjangkau lebih banyak orang.

16# Jaga Tetap Up todate

Semua hasil karya yang sudah Anda lakukan untuk perkembangan blog, apapun bentuknya, harus dijaga dan dilindungi. Mimpi buruk setiap blogger jika hasil karya lenyap oleh hacker. Pastikan Anda selalu meng-update situs WordPress Anda, begitu juga mem-backup data dan melakukan langkah langkah keamanan.

17# Jaga Diri dan Nikmati

Apapun alasannya, entah mencari uang atau sekedar hobi, pastikan Anda menjaga kondisi Anda. waktu akan banyak tersita untuk blogging ini, tapi itu bukan alasan untuk tidak menghiraukan kebutuhan diri Anda. Sempatkan waktu luang untuk istirahat, lakukan stretching, berdiri, berjalan, makan makanan yang sehat.

Tentunya lakukan semua dengan hati yang gembira, tetap positif dan penuh semangat. Semoga harapan Anda di tahun 2017 ini dapat tercapai.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda