Tips Membuat CV (curriculum vitae)

Bagi anda para pelamar kerja, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya CV yaa kaaann….. Okeh…Sobat…mari kita mulai tips apa saja yang bisa anda gunakan untuk membuat CV yang baik dan mudah dipahami tanpa harus membuat pembaca CV anda kebingungan karrena banyaknya yang anda tulis di dalam CV tersebut.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan Tips Membuat CV adalah

1. Padat
2. Berisi
3. Menarik
4. Original

Yuk…kita bahas satu persatu yah…hehehehe…

1. Padat

Padat maksudnya di sini adalah tidak panjang-panjang menceritakan sejarah dari riwayat pendidikan anda, bahkan sampai ada kursus yang tidak terlalu pentingpun anda masukkan ke dalamnya. Anda cukup memasukkan hal-hal yang relevan dengan pekerjaan yang akan anda inginkan. Jadi tidak harus semuanya diceritakan. Ingat sekali lagi…hanya yang relevan. inilah Tips Membuat CV yang sering dilupakan orang. kebanyakan mereka bercerita panjang-panjang tentang dirinya, pada akhirnya tidak sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar.

2. Berisi

Berisi di sini maksudnya adalah CV tersebut mampu Merepresentatifkan kepribadian kita. Maksudnya dengan membaca CV tersebut, seseorang bisa menetahui secara menyeluruh kemampuan dan ability kita tentang pekerjaan yang akan kita inginkan atau kita lamar.
Anda juga bisa memberikan penjelasan/deskripsi pengalaman kerja anda secara jelas tapi singkat termasuk juga aktifitas anda dan kompetensi yang anda miliki. Teta perlu anda ingat, anda harus menjelaskannya dengan sederhana, rinci dan jelas.

3. Menarik

Menarik maksudnya adalah dari sisi tampilan atau layout CV kita. Jadi…untuk membuat CV yang menarik, kamu bisa menggunakan template yang bagus secara desain agar Template CV menarikpembaca CV kamu juga merasa nyaman. Membuat CV dengan layout yang menarik tidaklah sulit. Kamu bisa cari di google kemudian kamu buat desainnya di Microsoft Word atau menggunakan software desain juga bisa.
Sekarang ini kebanyakan perusahaan sudah membuat standardisasi formulir CV, sehingga yang paling penting adalah konten atau isi dari CV tersebut. CV biasanya maksimal hannya 3-4 halaman.
Cantumkan informasi penting seperti Hobi anda, prestasi yang pernah anda raih atau mungkin kejuaraan yang pernah anda ikuti, semua itu akan menjadi nilai tambah bagi diri anda. Pastikan semua yang pernah anda raih ada kaitannya dengan pekerjaan yang akan anda lamar. Jika anda punya portofolio seperti dalam bidang desain atau bidang marketing, anda dapat mencantumkannya.

4. Original

Dari ketiga poin diatas, yang terakhir ini tidak kalah penting yaitu originalitas. Originalitas dari CV anda sangat penting. template cv bagusBanyak template CV yang beredar di dunia online. Anda bisa menggunakannya sebagai bahan inspirasi pembuatan layout CV anda. Akan tetapi jangan mencontek keseluruhan layout CV tersebut. Itu sebabnya saya menuliskan di poin ke tiga untuk mencari layout CV, kemudian anda modifikasi sendiri sesuai dengan kemampuan anda. Silahkan gunakan software-software yang ada.
Beberapa situs penyedia template yang bisa anda download kemudian anda modifikasi seperti di bawah ini:

  1. Primermagazine
  2. Creative
  3. Themuse

Semoga tips membuat CV yang menarik ini membantu teman-teman semua dalam membuat CV dan tentunya supaya cepat dapat kerja heheheehe….jangan lupa traktir saya yah….wakakak….

Pasti Bermanfaat, Salam Sukses

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda