Tips Membuat Video Marketing di Youtube

Tips Membuat Video Marketing di Youtube

Tips Membuat Video Marketing di Youtube

Membuat video produk review merupakan bagian dari pemanfaatan video marketing. Para pebisnis pemula sekalipun memiliki kesempatan untuk melakukan terobosan dengan memanfaatkan mudahnya menyebar viral melalui video. Data statia.com mengungkapkan bahwa sepanjang tahun 2017 lebih dari 78% orang telah menonton video online setiap minggu dan sebanyak 55% orang melihat video online setiap hari.

Video sebagai Pengenal Produk

Dari semua video, mayoritas bersifat menghibur dan informative baik itu music, video lucu, sampai review atau tutorial produk. Sedemikian menariknya video-video tersebut hingga penonton tidak sadar bahwa mereka dihipnotis oleh suatu pesan. Semua nampak alami, apa adanya, spontan, dan membuat penonton kecanduan serta percaya. Padahal, sebagian besar video itu merupakan materi marketing yang dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi viral.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang dari Youtube Versi Lengkap

Menurut Forrester Research, laman web dengan video punya kesempatan 50% lebih tinggi muncul di urutan atas hasil pencarian google. Jika Anda bertujuan menarik pelanggan baru atau mempromosikan suatu bisnis, video marketing bisa jadi alat yang tepat. Dalam sebuah studi yang dilakukan Animoto tahun 2014, dikatakan bahwa video sangat membantu dalam membuat keputusan online. Video-video terlibat dalam menolong konsumen menemukan kepercayaannyapada suatu brand. Video bisa menjadi cara mudah untuk memperkenalkan produk atau jasa dan menginformasikan ke konsumen tentang penggunaan dan keuntungannya.

Anda tidak hrus menjadi produser film untuk membuat video bagi bisnis Anda. Dengan hadirnya smartphone yang didukung kamera berkualitas, siapa saja sudah mampu membuat video. Bagaimana dengan Anda?

Membuat Video Marketing di YouTube

Youtube mengalami peningkatan pengguna 1 miliar setiap bulannya. Pengguna usia 18-34 tahun menonton youtube melalui gadget mobile-nya, lebih banyak disbanding TV kabel di seantero Amerika. Tentunya Anda sudah banyak mendengar kisah sukses para youtubers. Bagaimana Justien Bieber bisa menjadi selebriti dunia hanya karena beraksi di depa, You Tube saat masih belia. Kehadiran Youtube membuat siapa saja bisa tampil dan menarik perhatian selama mampu menciptakan konten video yang menarik. Lalu, kenapa tidak memanfaatkan YouTube sebagai media video marketing bisnis?

Ada beberapa setting yang perlu diperhatikan sebelum mencoba membuat konten video:

     1# Tulis Nama Bisnis Anda

Pastikan Anda  sudah menuliskan keseluruhan nama bisnis, brand dan nama online shop Anda. Bisa sebagai nama kanal atau nama akun.

      2# Pilih dan Unggah Avatar yang Layak

Avatar atau foto profil akan mewakili kanal Youtube. Jika punya logo perusahaan, pakailah. Konsisten dan sesuaikan foto di semua akun media sosial sehingga audiens mengenal Anda sebagai satu kesatuan.

3# Optimalkan Laman About Me

Pastikan di menu About Me sudah meliputi nama bisnis, alamat nomor telepon, email, beserta deskripsi ringkas tapi lengkap tenatng bidang bisnis Anda. Sebaiknya upayakan selalu menyertakan link ke web atau blog bisnis Anda.

4# Customization Playlist

Jika Anda ingin mengunggah video dengan tema bervariasi, ciptakan playlist terpisah untuk mengategorikannya agar audiens mudah memilih.

5# Aktifkan Notifikasi Email

Anda bisa mengatur akun untuk bisa mendapatkan notifikasi email sehingga bisa tahu setiap ada yang mengomentari videomu. Coba untuk membalas komentar yang masuk, sebab akan menentukan faktor rangking. Dengan mengetahui komentarnya, Anda bisa memahami opini mereka dan belajar memperbaiki konten video dari sana. Bahkan bisa membuat konten video dari ide-ide atau pertanyaan yang mereka tulis di kolom komentar.

Nah, demikianlah ulasan mengenai tips membuat video marketing di YouTube. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

About The Author

Reply

Pesan Anda