Tips Memilih Jenis Sabun yang Tepat untuk Kesehatan Kulit

Beranekaragam jenis sabun yang beredar di pasaran sering membuat kita bingung untuk memilih. Dalam memilih jenis sabun yang akan digunakan sehari-hari, setiap orang memiliki pertimbangannya masing-masing. Sangat penting untuk meyakinkan diri Anda bahwa sabun yang Anda pilih tidak hanya dapat membersihkan kotoran pada tubuh saja, namun juga harus mampu menyehatkan kulit Anda. Memiliki kulit yang bersih dan sehat akan meningkatkan rasa percaya diri dan kenyamanan kita dalam berinteraksi dan beraktivitas sehari-hari.

langkah awal yang tepat sebelum menentukan jenis sabun apa yang akan kita gunakan adalah mengenali jenis kulit kita terlebih dahulu. Mari kita simak ulasan berikut ini:

  • Kulit berminyak

Memiliki ciri  khas adanya kadar minyak yang berlebih pada kulit, jenis kulit berminyak memiliki tekstur kulit yang cenderung kenyal.  Jenis kulit ini mampu membuat pemiliknya terlihat awet muda. Namun demikian, jenis kulit berminyak juga dapat mendorong pertumbuhan bakteri dengan cepat. Menggunakan jenis sabun antibakteri adalah langkah tepat bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak.  Sabun dengan kandungan lavender sangat disarankan bagi pemilik jenis kulit ini.

  • Kulit Kering

Ciri umum jenis kulit kering adalah permukaan kulit yang kusam atau kasar, tekstur kulit yang kurang kenyal dan pori-pori kulit tidak kelihatan. Kulit kering merupakan jenis kulit yang kurang kelembaban alaminya. Bagi Anda pemilik jenis kulit kering, sangat disarankan untuk memilih sabun dengan kandungan pelembap alami yang melimpah.

  • Kulit Sensitif

Kulit sensitif memiliki ciri yaitu mudahnya terkena iritasi berupa kulit yang kemerahan, perih, gatal dan kusam. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, penggunaan jenis sabun tanpa pewangi  adalah solusi tepat untuk mencegah iritasi pada kulit Anda. Memilih sabun dengan PH yang seimbang adalah langkah yang sangat penting bagi pemilik kulit sensitif.

  • Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi ditandai dengan kondisi area kulit berminyak di daerah T, yaitu dahi,hidung dan dagu, namun kering di daerah pipi dan sekitar mata. Jenis kulit ini memiliki cara perawatan khusus.  Pada area kulit yang berminyak, disarankan untuk menggunakan sabun pembersih dengan kandungan benzoil peroksida. Benzoil peroksida berperan mencegah peradangan kulit dan timbulnya jerawat membandel pada wajah. Sedangkan pada area kulit kering, sebaiknya Anda menggunakan pelembab.

Setelah melewati langkah awal yaitu mengetahui jenis-jenis kulit, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis sabun yang Anda butuhkan sesuai dengan jenis kulit yang Anda miliki:

  • Shower Gel

Bercirikan mirip dengan sabun cair namun bertekstur lebih kental, Shower Gel sangat sesuai bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak.

  • Transparant soap

Jenis sabun ini memiliki kadar yang ringan. Untuk semua jenis kulit, sabun jenis ini sangat cocok digunakan. Sifatnya yang mudah larut, memungkinkan kita untuk melakukan pemakaian sabun ini setiap hari.

  • Sabun Cair

Jenis sabun ini sangat sesuai digunakan untuk jenis kulit normal. Kandungan petrolatum pada sabun cair berperan sebagai pelembab yang menjaga kelembutan kulit kita.

  • Foaming cleanser

Sabun jenis foam memiliki kelebihan yaitu mampu membersihkan seluruh tubuh dengan sempurna. Jenis sabun ini biasanya dipasarkan dalam kemasan tube sehingga sangat mudah dibawa untuk menemani aktivitas Anda. Untuk mencocokan jenis kulit Anda dengan tipe yang disediakan, Anda dapat melihat informasi lengkapnya pada kemasan sabun tersebut.

  • Facial Scrub

Tekstur kasar menyerupai pasir adalah ciri khas jenis sabun ini. Berfungsi mengangkat sel-sel kulit mati, sabun ini tidak dapat digunakan setiap hari karena menyebabkan kulit menjadi kering.

  • Acne Soap

Jenis sabun ini sangat tepat digunakan untuk jenis kulit berminyak dan berjerawat. Diformulasikan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat, sabun ini adalah solusi tepat bagi Anda yang memiliki masalah jerawat. Namun demikian, disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan sabun ini karena menyebabkan kulit menjadi kering.

  • Supperfatted soap

Kandungan beeswax, petroleum dan gliserin pada sabun ini berfungsi mencegah munculnya jerawat membandel. Selain itu, sabun jenis ini juga memiliki kelebihan yaitu mengandung lemak baik yang berperan dalam proses menormalkan kulit yang sangat kering.

  • Sabun batangan

Sabun batangan memiliki kandungan gliserin yang sangat sesuai dengan jenis kulit kering. Selain kandungan gliserin, sangat disarankan bagi Anda yang berjenis kulit kering untuk memilih jenis sabun batang yang kaya akan kandungan emolien. Emolien berperan untuk menciptakan dan mempertahankan kelembapan kulit.

  • Natural soap

Berbahan dasar alami yaitu lidah buaya, ekstra
k buah dan minyak atsiri (essential oil), jenis sabun ini berperan menjaga kesehatan kulit kita. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan sering mengalami alergi kulit, sabun jenis ini sangat aman untuk Anda.

 

 

About The Author

Reply

Pesan Anda