Tips Sukses Buka Jasa Catering

Jasa Catering merupakan salah satu peluang usaha yang memiliki prospek cerah di masa mendatang. Didukung dengan kebutuhan konsumen yang terus bertambah dari tahun ke tahun, bisnis ini sudah menjadi tren di masyarakat. Bisnis Catering tidak akan sepi karena makanan merupakan kebutuhan pokok yang tidak akan tergantikan. Oleh karena itu, jasa catering selalu ramai pembeli. Jasa ini juga memiliki segmen pasar yang cukup luas. Jasa catering untuk kantor, perhotelan, rumah sakit hingga acara ulangtahun dan pernikahan adalah target market jasa ini.

Jika Anda hobi memasak dan pandai mengolah makanan, membuka jasa catering adalah langkah tepat untuk memulai bisnis Anda. Rasa dan harga adalah 2 hal yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis Anda. Rasa yang lezat didukung dengan harga yang terjangkau akan membuat jasa catering semakin laris manis. Order yang selalu berdatangan menjadikan bisnis Anda semakin dikenal dan dipercaya masyarakat.

Anda dapat menjalankan bisnis ini di mana saja. Namun demikian, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan lokasi yang strategis sebagai faktor pendukung kesuksesan jasa catering Anda. Lokasi yang mudah dijangkau merupakan salah satu faktor penting dalam menjalankan bisnis tersebut.

Berikut ini ulasan mengenai tips sukses menjalankan jasa catering agar dapat sukses:

  • Tidak berhenti belajar untuk meningkatkan pengetahuan

Untuk memulai bisnis ini, Anda harus memahami dan menambah wawasan Anda mengenai berbagai jenis masakan, bumbu dan cara mengolah dengan tepat dan higienis. Dengan membaca buku maupun browsing di media online, Anda dapat meningkatkan pengetahuan di bidang tata boga. Bertanya pada orang-orang di sekitarpun dapat Anda lakukan untuk menambah wawasan seputar dunia kuliner.

  • Persiapkan mental yang kuat

Dengan didukung mental yang kuat, Anda akan berani mengambil kesempatan dan menanggung segala resiko akibat bisnis yang Anda jalankan. Rasa khawatir akan hilang dengan selalu berpikir positif. Keyakinan akan sukses menanti di depan harus dipupuk dalam sanubari Anda. Usaha yang dijalankan dengan sungguh-sungguh disertai dengan doa pasti akan menuai hasil yang memuaskan

  • Persiapan modal

Modal merupakan hal yang paling penting untuk membuka jasa catering ini. Keterbatasan modal bukan penghalang bagi Anda. Hal tersebut dapat disiasati dengan menggunakan perlengkapan dapur yang Anda miliki. Dengan modal sekitar 3 juta rupiah, Anda dapat memulai bisnis ini. Nantinya setelah berjalannya waktu, Anda akan dapat memperoleh keuntungan yang besar untuk mengembangkan jasa catering ini.

  • Memperhatikan kualitas masakan

Faktor paling utama yang mendukung kesuksesan usaha jasa catering adalah kualitas masakan. Kualitas masakan senantiasa terjaga dengan rasa masakan dan cara penyajian yang memperhatikan kebersihan dan selalu menarik.  Selain itu, pemilihan bahan makanan yang selalu berkualitas dan segar juga menjadi faktor pendukung kesuksesan bisnis Anda. Perlu Anda cermati pula mengenai komposisi bumbu dan  bahan makanan sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan konsumen.

  • Penetapan harga

Saat mengawali usaha Anda, sebaiknya jangan menetapkan harga yang sangat tinggi. Agar dapat bersaing dengan para kompetitor penetapan harga yang tidak terlalu tinggi adalah solusi tepat bagi Anda. Memberikan diskon dan harga promo di awal usaha Anda dapat menarik perhatian konsumen. Apabila masakan Anda cocok di lidah para konsumen, mereka akan dengan sendirinya kembali membeli masakan Anda.

  • Melakukan pemasaran dan promosi dengan sasaran yang tepat

Mempersiapkan kemasan dan label produk Anda adalah langkah awal memulai bisnis Anda. Dengan kemasan dan label produk yang bagus dan menarik,  masyarakat akan mengenal dan tertarik dengan produk-produk Anda. Selain itu penyebaran leaflet dan pemasangan banner  juga dapat membantu Anda dalam memperkenalkan jasa usaha Anda pada masyarakat.  Penyebaran leaflet dapat dilakukan disekitar lokasi usaha Anda. Pemasangan Banner dapat dilakukan di depan lokasi usaha Anda. Promosi melalui media online yaitu website juga sangat tepat sasaran ke target market Anda. Dengan beberapa cara tersebut, usaha catering Anda akan dikenal luas oleh publik baik secara online maupun offline.

Demikian ulasan mengenai tips sukses membuka jasa catering, semoga bermanfaat bagi Anda. Salam sukses.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda