Tools Manajemen untuk Pebisnis Online

Ilustrasi-Tools Manajemen untuk Pebisnis Online

Ilustrasi-Tools Manajemen untuk Pebisnis Online

Berbisnis oline berarti beroperasi serba cepat, praktis, simpel namun tetap  dalam manajemen rapi. Itu berarti diperlukan pula tools yang memudahkan, terjangkau, sekaligus aman. Ada beberapa tools manajeme yang tersedia, baik berbayar maupun tidak berbayar. Perbedaanya terletak pada kapasitas atau servis yang ditawarkan.

Bagi pebisnis online pemula, bisa mencoba versi yang tak berbayar. Ini berarti tools itu dapat langsung digunakan, sehingga bisnis segera bisa dimulai. Para pebisnis bisa memilah-milah, tools mana yang paling pas dan sesuai dengan dungsi yang diperlukan. Bagaimana tools ini bisa didapatkan gratis?

Baca Juga: Fungsi Google Webmaster Tools (Lengkap)

Para pengembang software mendapat penghasilan dengan menjual iklan yang muncul ketika aplikasi digunakan. Berikut ini beberapa tools manajemen berbasis online gratis:

     1# Apps On Clouds

Bagi toko online, tools ini berguna berguna untuk mencatat data karyawan, mengorganisir daftar kontak, memanajemen pelanggan, dan melacak status proyek pekerjaan. Apps on cloud dapat memudahkan layanan pelanggan dengan portal online khusus. Kolaborasi dengan tim kerja juga bisa dilakukan melalui dokumen yang tersimpan online. Layanan gratis ini dibatasi maksimal 200 megabita untuk penyimpanan data. Jika ingin meningkatkannya hingga 500 megabita, pengguna wajib membayar biaya 10 dolar per bulan.

2# Apptivo

Terdiri dari 40 aplikasi online yang mencakup mulai dari manajemen proyek, relasi pelanggan, inventori dan banyak lagi. Apptivo ssuai untuk bisnis skala kecil dan menengah dengan jumlah karyawan kurang dari 150 orang.

3# Gosuite

Gisuite menawarkan dua layanan gratis, GoBook dan Go Promote. Tool ini membantu pebisnis kecil dan menengah memanajemen pelanggan dan mempromosikan web dan media sosialnya. Versi berbayarnya didukung dengan layanan pembayaran mobile, manajemen karyawan, inventori, hingga manajemen vendor.

4# Officebooks

Manufaktur asal Ottawa mengembangkan suatu aplikasi untuk membantu manajerial industry laser dan bisnis optiknya. Tahun 2007, aplikasi tersebut diperluas menjadi tool berbasis cloud untuk menolong bidang bisnis lain. Fungsinya mencatat pesanan pembelian, list harga, pesanan kerja, kontak, dan sebagainya. Offocebooks tersedia dalam versi beta yang gratis.

5# Sohoos

Tool ini hadir dengan seperangkat aplikasi berbasis cloud yang lengkap. Mulai dari aplikasi manajemen finansial, Customer Relationship Manajemen (CRM) dari Salesforce, layanan messaging, dokumen, dan penjadwalan Google Apps bisa dinikmati dengan layanan gratis.

6# Zoho

Zoho mempunyai lebih dari dua lusin aplikasi online. Layanannya mencakup CRM, invoice, messaging, manajemen proyek, konferensi web, dan sederetan aplikasi manajemen dokumen.  Fiturnya tersedia dalam dua platform, yaitu streamline komputasi awan Google yang gratis dan office Microsoft yang berbayar. Tersedia penyimpanan data sebesar 1 gigabita secara gratis, dan baru akan dikenai bayaran 3 dolar per bulan jika melebihi kapasitas itu.

Selain tools yang hadir dalam versi paket di ata, tersedia pula aplikasi satuan yang dapat kita install sesuai kebutuhan. Ada beberapa aplikasi satuan yang dapat Anda pilih yaitu:

1# Aplikasi Manajemen Email

  • Boomerang untuk Gmail

Aplikasi ini membantu kita dalam membuat jadwal pengiriman email secara otomatis. Bagi pebisnis yang sibuk, akan sangat membantu, sebab dapat tetap mengirim email bisnis secara terjadwal.

  • Streak

Perlu aplikasi CRM untuk mengatur daftar kontak, deal, proyek dan pengiriman pesan? Streak mampu melakukan itu semua dalam satu inbox. Aplikasi ini cocok untuk berbagai jenis bisnis.

2# Aplikasi Manajemen Proyek

Aplikasi ini masih dipakai oleh beberapa pebisnis besar. Trello mampu membuat pengguna tetap terorganisasi, menyusun beberapa proyek sekaligus dan menetapkan jadwal sesuai kebutuhan. Trello juga membantu pebisnis menetapkan prioritas tugas tim.

3# Aplikasi untuk Menghemat Waktu

  • LastPass Password Manager

Punya begitu banyak akun online membuat orang sering lupa. Perlu waktu untuk mengingat-ingat semua username dan password. LastPass juga bisa membantu pengguna memanajemen hal-hal tesebut. Dilengkapi dengan sisitem keamanan enkripsi berlapis, LastPass akan membuat privasi Anda tetap terjaga meskipun kita menyimpan banyak password ke akun-akun penting.

Nah, demikianlah ulasan mengenai tools manajemen untuk pebisnis online. Semoga ulasan  di atas bermanfaat bagi Anda. Salam sukses.

About The Author

Reply

Pesan Anda