Trik Ampuh Membuat Foto Produk Berkualitas dengan Smartphone

Trik Ampuh Membuat Foto Produk Berkualitas dengan Smartphone

Trik Ampuh Membuat Foto Produk Berkualitas dengan Smartphone

Berbisnis online, terutama berjualan produk, sangat tergantung pada penampilan produk tersebut di internet. Hal inillah yang menyebabkan online shop sering memanjakan pengunjung dengan display foto produk yang indah, cantik, bahkan lebih indah dari aslinya.

Tampilan visual jauh lebih kuat memberi stimulus pada manusia daripada teks. Bagaimana orang akan membeli suatu produk apabila penampilannya secara visual tidak menunjang?

Foto yang jelas, akurat dan prentasi yang menarik adalah faktor utama penunjang keberhasilan produk agar laris manis terjual. Kombinasi 3 hal tersebut adalah syarat-syarat penting dari foto produk di online shop. Perlu langkah tepat untuk menghasilkan foto produk yang berkualitas.

Dengan teknologi yang semakin maju, membuat foto produk kini bukanlah hal yang rumit. Kini sudah tersedia beragam smartphone dengan kamera yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi tinggi.

Baca Juga: 5 Teknik Mengambil Foto untuk Jualan Online Kreatif

Trik Ampuh Membuat Foto Berkualitas dengan Smartphone

Ada beberapa trik  yang terbukti ampuh mampu menghasilkan foto produk yang berkualitas dengan smartphone. Trik ini akan membantu Anda menghasilkan jepretan menyerupai hasil jepretan fotografer profesional. Berikut ini beberapa trik ampuh membuat foto berkualitas dengan smartphone:

1# Siapkan Smartphone

Pakailah Smartphone berkamera dengan resolusi minimal 8 megapiksel. Ada dua jenis smartphone yang harganya sudah sangat terjangkau dan didukung kamera berkualitas baik:

  • Apple iPhone 5S
  • Samsung Galaxy s5

2# Siapkan Aksesori Pendukung

  • Backdrop

Gunakan backdrop warna putih atau abu-abu agar produk terlihat menonjol dan distraksi dapat hilang

  • Meja

Gunakan meja yang stabil dan luas untuk meletakkan produk yang akan difoto.

  • Pencahayaan

Yang terbaik dan termurah adalah jendela yang lebar. Jika tidak tersedia, bisa menyewa atau membeli lampu yang cukup terang.

  • Tripod Smartphone

Diperlukan agar kamera bisa konsisten mengambil angle gambar. Tersedia tripod khusus smartphone, seperti Gorilapod Mobile. Joby Grip Tight Mount, atau Spiderpodium.

  • Lensa Eksternal

Lensa eksternal pada kamera smartphone dapat membuat hasil foto nyaris sama bagusnya dengan kamera Nikon atau Canon. Lensa ini dapat mengatur fokus dan pencahayaan secara lebih baik. Bisa dicoba Photojojo iPhone & Android lenses, Olloclip iPhone 4-in-1 lens, atau Moment iPhone & Android lenses.

3# Ruangan Khusus

Sediakan satu ruangan khusus setiap hendak melakukan pemotretan. Ini demi mencegah terganggunya proses pmotretan. Usahakan ruangan itu punya pencahayaan yang bagus, berjendela besar.

4# Memilih Aplikasi yang Tepat

Tersedia banyak aplikasi smartphone untuk menghasilkan foto yang berkualitas. Ada beberapa aplikasi yang dapat dipilih

  • Untuk Pemotretan

Sangat direkomendasikan untuk mencoba aplikasi yang sudah tersedi di smartphone ketika pertama meng-instal-nya. Jika dirasa kurang memuaskan, Anda dapat menggugah aplikasi lain seperti:

  1. Android Camera Zoom Fx

Aplikasi ini sempat mendapat perangkat teratas di jajaran aplikasi kamera untuk Android. Kalau memerlukan lebih banyak fitur dari aplikasi ini, bisa coba Camera Zoom FX yang dapat menghasilkan gambar lebih tajam.

  1. iPhone Camera

Ini aplikasi yang juga menjadi favorit penyuka fotografi smartphone berbasis Ipos. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa meningkatkan kemampuan pengambilan gambar. Sudah dilengkapi dengan tutorial saat aplikasi ini dijalankan, sehingga memudahkan bagi pengguna baru sekalipun.

  • Untuk Penyuntingan

Anda bisa menggunakan aplikasi:

  1. Free Adobe Photoshop Express

Aplikasi ini tidak berbayar, dapat dipakai di smartphone Android maupun iOS. Free Adobe Photoshop Express mudah dan bisa dioperasikan dengan cepat.

  1. Photoshop Touch

Bisa didapat dengan membayar 5 dolar saja, aplikasi ini hadir dengan fitur lebih lengkap. Hampir merupakan replica dari versi desktop, dan mudah dijalankan. Program ini jauh lebih punya banyak fungsi dibanding Free Adobe Photoshop Express.

  • Untuk Berbagi

Keuntungan lain memakai kamera smartphone adalah bisa langsung kita bagikan ke media sosial. Cara ini sangat ampuh untuk mempromosikan produk. Ada banyak aplikasi untuk berbagi foto ke Facebook, Instagram, atau Twitter, dan semua dilengkapi fitur menarik.

Nah, demikianlah ulasan tentang trik ampuh membuat foto produk yang berkualitas dengan smartphone. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda. Salam sukses.

About The Author

Reply

Pesan Anda