Trik Ampuh Mengamankan Situs WordPress

Ilustrasi-Trik Ampuh Mengamankan Situs WordPress

Ilustrasi-Trik Ampuh Mengamankan Situs WordPress

Sebagian besar aktivis blogging sudah tahu ini sebenarnya, setiap hari para hacker selalu memantau web mencari sasaran yang mudah diserang. Saat mendapatkan situs WordPress dengan Hosting yang buruk, password lemah, WordPress tidak di-update, menggunakan theme bermasalah atau lubang lubang yang lain maka bisa dipastikan mereka sudah dengan mudah menetapkan sasaran selanjutnya.

Jika saat ini Anda baru mengetahui resiko keamanan seperti diatas, Anda tak perlu pusing tak perlu bingung juga, berikut ini ada langkah langkah sederhana yang bisa diikuti untuk meningkatkan keamanan situs web WordPress Anda :

1# Pilih Hosting WordPress yang Mempunyai Reputasi Baik

Situs WordPress yang aman berawal dari hosting yang berkualitas. Ada dua jenis hosting yang paling populer saat ini, Shared Hosting dan Managed WordPress Hosting. Pada tipe Shared Hosting, dimana Anda berwenang terhadap pemeliharaan situs, di sini Anda dituntut untuk sudah lebih matang dalam menjaga keamanan situs.

Akan jelas berbeda jika Anda menggunakan Managed WordPress Hosting, Anda relatif lebih santai dan tidak perlu turun tangan untuk pemeliharaan situs. Karena server sudah diproteksi, backup dilakukan secara terjadwal, pemasangan plugin melalui proses prescreening terlebih dahulu dan bahkan update keamanan dilakukan secara otomatis.

Baca Juga: Template WordPress Murah dan Gratis Download di sini

2# Gunakan Login Yang Kuat

Semua orang sudah tahu jika Anda menggunakan password yang lemah sama halnya seperti mengucapkan selamat datang kepada semua hacker agar masuk ke situs Anda. terdengar begitu ramah bukan ? ya, akrab dengan masalah maksudnya. Walaupun hanya dengan menebak Username dan Password, hacker bisa dengan mudah melakukannya dengan alat yang tepat. Oleh sebab itu ikuti beberapa kiat berikut untuk meningkatkan keamanan WordPress Login Anda :

  • Gunakan password yang panjang dan komplek. Gunakan huruf kecil, huruf kapital, angka dan tanda baca. Jika kesullitan menghafalkannya, ada pilihan gunakan aplikasi bantuan untuk mengingatnya, pakai saja aplikasi Password Manager seperti 1password atau Lastpass.
  • Gunakan username yang unik. Dilarang gunakan username Admin atau Administrator, karena sudah pasti akan lebih mudah ditebak oleh hacker, cari username yang unik. Kemudian aktifkan user tersebut sebagai Administrator.
  • Hapus user Admin. Tentunya setelah user unik anda sudah aktif.

3# Blokir Setiap Usaha Login Yang Terlarang

Gunakan plugin seperti Jetpack Protect, untuk menghentikan upaya login. Tapi jika tidak tertarik dengan paket Jetpack, coba saja gunakan plugin Limit Login Attemp.

4# Selalu Update Dan Backup WordPress Anda

Versi terbaru dari suatu WordPres bisa dipastikan akan lebih aman daripada pendahulunya, begitu juga untuk Theme dan Plugin. Sedangkan untuk backup, gunakan plugin UpdraftPlus untuk mempermudah Anda melakukan backup, bahkan dapat pula dijadwalkan.

5# Pilih Theme Dan Plugin Dengan Teliti

Jika Anda belum banyak berpengalaman tentang keamanan, tetaplah unduh setiap theme atau plugin dari WordPress.org atau bisa juga dengan jalur berbayar seperti Gravity Forms, MemberMouse dan Elegant Theme.

Tapi jika Anda sudah terlanjur memasang suatu theme dan ingin memeriksa apakah mendukung keamanan WordPress Anda, gunakan saja plugin Theme Authenticity Checker.  Untuk waktu yang akan datang, Anda harus menjaga keinginan Anda untuk menambah plugin situs Anda, jangan terlalu tergesa gesa menambah plugin atau theme baru, karena setiap lubang keamanan ditemukan setiap harinya dan setiap theme ataupun plugin yang Anda pasang mempunyai potensi bermasalah dalam keamanan.

Anda mungkin tidak mengetahui apakah situs web Anda sudah diserang atau belum, syukur masih ada Sucuri dan Wordfence yang mungkin bisa bantu Anda tentang hal ini, perusahaan ini memberikan layanan untuk men-scan situs web Anda dan memberikan peringatan peringatan jika ada masalah malware di sana.

Kepercayaan terhadap penyedia hosting dan akses login yang sudah diamankan merupakan permulaan yang baik untuk menjaga keamanan situs web Anda, dan tentunya dengan meng-update WordPress, theme dan plugin dapat meningkatkan keamanan situs web Anda, dan jangan sampai dilupakan Anda juga perlu secara berkala mem-backup situs juga. Dan terakhir pastikan plugin dan theme Anda unduh dari sumber yang benar benar terpercaya, seperti WordPress.org. sebagai tambahan perlindungan, gunakan layanan pemindai Malware.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda