Trik Jitu Menulis Review Produk

Ilustrasi-Trik Jitu Menulis Review Produk

Ilustrasi-Trik Jitu Menulis Review Produk

Saat Anda mempertanyakan atau ditanya mengenai kondisi suatu hal itu baik atau buruk dan kemudian Anda mulai menjelaskan mengapa memutuskan demikian dengan segala bukti dan alasan, maka saat itulah Anda sebenarnya membuat suatu review, review lisan tentunya, entah untuk diri Anda sendiri atau orang lain.

Review lisan merupakan langkah pertama dan terpenting saat Anda mulai mencoba menulis review. Kemampuan membuat review tertulis dan lisan pada hakekatnya adalah sama, review tertulis akan lebih terkesan formal dibanding review lisan.

Kemampuan menulis review seperti itu sangat berguna, karena walaupun bukan Anda lakukan sebagai profesi Anda, karena dalam hidup ada saatnya Anda perlu memutuskan hal hal besar khususnya untuk memilih sesuatu yang penting untuk dimiliki.

Cara pemikiran yang digunakan dalam menulis review adalah cara pemikiran yang dibutuhkan untuk membuat keputusan cerdas dalam hidup Anda. Berikut beberapa trik jitu menulis review :

 1# Fokus pada suatu hal yang ingin di tonjolkan

Ungkapkan sesuatu yang spesifik setiap kali Anda memberikan suatu informasi. Beri penekanan pada suatu sisi yang paling krusial pada produk tersebut, selain itu usahakan dapat berikan sesuatu yang baru sehingga pembaca dapat merasakan pengalaman unik terhadap produk tersebut.

2# Putuskan apa yang baik dan buruk

Sebelum Anda memutuskan apakah sesuatu itu baik atau tidak, ada baiknya mengetahui lebih jauh terlebih dahulu apa arti kata “baik” dan “buruk”. Apakah Anda menyukai cerita penuh aksi atau penuh pengembangan karakter? Apakah Anda suka berakting realistik atau berakting liar? Apakah Anda suka penulis yang banyak menggunakan kata kata sulit atau kata kata yang mudah ? apapun itu, pastikan Anda juga terapkan standar tersebut terhadap apa yang akan Anda ulas.

Jaga agar tetap akurat, dengan kelebihan dan kekurangannya, walaupun ada yang Anda suka maupun tidak suka, berusahalah untuk selalu menjelaskan hal tersebut.

3# “Baik” belum tentu positif

Selalu ingat bahwa review yang “baik” adalah review yang berguna untuk pembaca. Gunakan waktu untuk mengatur setiap ide dalam pikiran Anda, lihatlah setiap pengalaman Anda pada sudut pAndang yang berbeda beda.

4# Tetaplah santun

Tidak selalu pengalaman terhadap suatu produk adalah baik adanya, akan ada dorongan untuk memberikan ulasan negatif dan meskipun Anda kecewa, pastikan setiap kritik dan keluhan Anda cukup membangun. Sering pemilik usaha akan berusaha merespon balik agar bisa berikan yang lebih baik.

5# Menulis dengan gaya

Jauh lebih mudah untuk menarik perhatian pembaca jika Anda menuliskannya dengan bijak. Tapi usahakan mudah dibaca, hindari terlalu banyak menggunakan huruf kapital dan tanda baca.  Gunakan kosakata yang baik, periksa setiap susunan kata kata yang digunakan, hindari penggunaan kata kata kotor dan pilih panjang paragraf yang nyaman untuk dibaca.

Baca Juga: Review Samsung Galaxi S8

6# Review Anda pengalaman Anda

Beritahu pembaca secara detil dan jelas mengenai judul review, waktu pembuatan, identitas pembuat review  dan sertakan juga jalan bagi pembaca untuk menghubungi Anda.

7# Foto berharga seribu kata

Biarkan ulasan yang Anda buat hidup bersama foto atau video yang Anda sertakan. Foto atau video ini akan membantu pembaca lebih memahami apa yang Anda ceritakan.

8# Buat sesegera mungkin

Telah ada survey yang mengatakan bahwa satu per tiga orang akan lebih cenderung membaca pengalaman terbaru. Maka sesegera Anda mendapati suatu baru yang patut diulas, lakukan tanpa harus menundanya.

9# Pastikan selalu ada tips

Akan menambah ketertarikan pembaca, saat review disertakan beberapa tip atau trik operasional tentang penggunaan produk , baik tips mengenai teknologinya atau fitur fitur yang lain.

Hal terpenting saat Anda menulis review sebenarnya berada pada berbagai informasi yang diikutsertakan apakah benar benar penting, jujur dan apakah dengan sudut pandang yang tepat. karena inilah cara terbaik untuk memastikan review Anda berguna, berpengaruh dan bertahan lama. Review terbaik pastinya dapat mengungkap setiap “jalan” yang mengarahkan orang lain ke tempat yang terbaik.

About The Author

Reply

Pesan Anda