Trik Jitu Pemberian Diskon untuk Produk Anda

Ilustrasi-Trik Jitu Pemberian Diskon untuk Produk Anda

Ilustrasi-Trik Jitu Pemberian Diskon untuk Produk Anda

Tidak selamanya pemberian diskon dapat menyenangkan hati pembeli. Sebagian besar pembeli justru akan kecewa karena kualitas barang yang ia beli jauh berbeda dari  barang sebelum didiskon. Maklum, ketika kita memberikan diskon, tentunya kita harus lebih bijak dalam mengelola pengeluaran dalam bisnis kita.

Misalnya, mengurangi, biaya servis pelanggan, mengganti bahan baku yang lebih murah, mengubah kemasan dan masih banyak lagi contoh lainnya. Asumsi konsumen ketika membeli sebuah produk tidak selamanya selalu tentang barang dengan harga murah.

Baca Juga: Harbolnas Ternoda Akibat Diskon Fiktif – Berhati-hatilah

Mereka mampu membandingkan antara barang mahal tetapi berkualitas dengan barang murah tetapi kualitasnya rendah. Dengan adanya diskon, tentu saja akan mengurangi kepercayaan pembeli. Terutama bagi mereka yang mencari kualitas. Mereka ingin membeli produk yang berkualitas prima yang dapat memuaskan kebutuhan mereka, bukan harga yang miring.

Pemberian diskon kepada konsumen bukanlah hal salah. Sebaiknya diskon yang diberikan benar-benar tepat guna dan efisien. Oleh karena itu Anda membutuhkan trik-trik jitu agar program pemberian diskon tersebut dapat berjalan mulus. Adapun trik-trik yang bisa dilakukan dalam pemberian diskon adalah:

1# Gunakanlah Charm Price (harga yang berakhiran dengan angka 9 atau  5)

Agar diskon yang diberikan semakin menarik, Anda dapat menggunakan teknik charm price yaitu teknik  memberik kesan agar harga terlihat jauh lebih murah. Salah satu cara yang sering diambil oleh para penyedia barang dan jasa adalah dengan menulis harga yang berakhiran dengan angka 9 atau 5, seperti yang tertera pada gambar berikut ini:

2# Gratis Sepenuhnya

Kata gratis memang dirasa sangat menarik. Terlebih lagi ditengah-tengah  harga berbagai kebutuhan pokok yang semakin hari semakin mahal ini. Namun, sebagaimana yang kita ketahui bahwa tidak ada yang gratis di dunia ini, biasanya penjual memiliki trik jitu untuk memberikan gratisan kepada konsumen. Misalnya, Anda bisa memberikan penawaran kepada pembeli denga membeli beberapa produk untuk nominal tertentu, memberikan batasan waktu tertentu dan masih banyak lagi.

3# Diskon untuk Pelanggan Setia

Pemberian diskon juga bisa dilakukan sebagai apresiasi kepada para pelanggan setia atau pelanggan yang sering membeli produk-produk sebuah perusahaan. Andapun bisa melakukannya kepada pelanggan setia.

4# Potongan Harga Berupa Voucher/Diskon

Diskon juga bisa Anda berikan dengan cara memberikan voucher potongan biaya ketika menggunakan produk di tempat lain. Tentunya hal ini hanya bisa Anda lakukan bila Anda memiliki rekanan  bisnis yang siap bekerjasama dengan Anda untuk memberikan potongan harga. Misalnya, sebuah hotel yang memberikan potongan diskon 10% untuk potong rambut di sebuah salon.

5# Diskon untuk Waktu-Waktu Tertentu

Diskon juga bisa diberikan pada waktu-waktu tertentu, seperti di pagi hari, siang hari atau malam hari. Diskon ini  biasanya diberikan untuk barang-barang yang sedang menjadi tren di masayarakat atau komunitas.

6# Buy One Get Onefree

Metode buy one atau bel satu dapat satu lagi secara gratis juga sering dipilih sebagai metode ampuh untuk meningkatkan angka penjualan.

7# Gunakan Harga Berlapis (1 paket)

Untuk menarik konsumen, Anda juga bisa memberikan diskon dengan cara pembelian perpaket, Misalnya paket hemat, paket murah dan lain sebagainya.

8# Diskon Separuh Harga atau Lebih

Terakhir, trik diskon yang bisa Anda gunakan adalah diskon separuh harga atau diskon 50% atau lebih. Tidak sedikit orang yang tergiur dengan metode diskon 50% atau lebih ini.

Demikianlah ulasan mengenai Trik Jitu Pemberian Diskon untuk Produk Anda. Semoga bermanfaat untuk Anda. Salam sukses.

About The Author

Reply

Pesan Anda