6 Trik Meningkatkan Traffic Blog

6 Trik Meningkatkan Trafik Blog

6 Trik Meningkatkan Traffic Blog

Di awal memulai bisnis, bisa jadi kita akan sangat gencar mempromosikan link web dan blog kita. Bisa ke twitter, facebook, bahkan mencantumkannya di kartu nama dan signature email. Jumlah pengunjung mungkin melonjak, sebab semua menemukan sesuatu yang baru, yaitu informasi tentang bisnis anda. Lama kelamaan Anda mengalami kejenuhan. Anda perlu pengunjung baru, orang-orang baru yang belum mengenal bisnis Anda.

Berikut ini trik-trik untuk meningkatkan trafik blog Anda :

1 # Tambahkan Multimedia

Apakah konten  blog didominasi  oleh teks?  Bisa jadi pengunjung merasa jenuh, lelah membaca tulisan Anda. Variasikan konten Anda dengan multimedia, seperti :

  • Foto dan grafik yang menarik, tapi tetap ada korelasi dengan bisnis A Bukan melulu foto produk, tapi bisa diselingi dengan foto dokumentasi anda saat sedang menjalankan bisnis anda atau sesekali foto bagian dari kehidupan  pribadi Anda yang menarik dikonsumsi publik.
  • Infografis yang berisi data yang masih terkait dengan  bidang bisnis A Misalnya anda berbisnis di bidang fashion, bisa menyisipkan infografis tentang dunia fashion. Jika infografis ini anda ambil dari web lain, jangan lupa cantumkan sumbernya.
  • Video yang membuat orang semakin tertarik untuk mengunjungi blog A Gunakan video yang berkaitan dengan bidang usaha anda.
  • Slideshare berisi representasi seputar produk anda. Buat slideshare semenarik dan seefektif mungkin, sehingga pengunjung tidak merasa bosan sebelum pesan Anda tersampaikan.

2 # Promosikan  lebih dari Sekali

Banyak yang beranggapan, setelah mengunggah materi baru, maka cukup sekali saja dipromosikan. Ini persepsi yang salah. Sebab walau anda sudah mempromosikan di twitter, facebook, linkedln, atau google+, ada kemungkinan belum semua teman anda di sana meng-clicknya.

Lakukan recycle, yaitu di mana link link posting-an blog anda yang lama dipromosikan ke semua platform media sosial, terutama untuk koten yang bersifat evergreen. Agar orang tertarik, buatlah teaser yang berbeda beda.

3 # Libatkan para inflencer

Tulislah pembahasan tentang sosok sosok yang berpengaruh di industrimu, atau kala bisa libatkan mereka secara langsung. Kontak mereka melalui media sosial  atau email, ajak mereka berdiskusi, kemudiian kembangkan itu sebagai konten blog. Hubungi mereka lagi setelah selesai dipublikasi.

Sertakan kalimat bersahabat serperti, saya baru saja menulis  tentang diskusi inspiratif bersama anda belum lama ini, silahkan click link ini…. jika berkenan mereka akan meng-click dan membantu mempromosikn konten itu. Tentu saja efeknya akan besar, sebab mereka memiliki pengikut atau komunitas yang besar juga.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Traffic Blog Tembus Hingga 2000 Visitor

4 # Lakukan  Blogwalking

Blogwalking  adalah melakukan kunjungan ke blog blog lain, terutama yang cukup populer atau bergelut di bidang yang sama dengan anda. Sehingga Anda dapat menemukan blog-blog yang inspiratif, atau berimbas positif jika anda berinteraksi dengan pemiliknya.

Berikan komentar pada postingan-postingan yang Anda anggap berguna,  dan bisa  ajak mereka mengunjungi  blog Anda dengan cara menuliskan tautan. Bahkan terdapat peluang besar untuk Anda mendapatkan orang-orang yang potensial untuk menjadi rekan bisnis bukan?

5 # Tingkatkan Interaksi

Termasuk berinteraksi dengan pemilik blog dengan pemilik blog yang mereka kunjungi. Konten blog yang menarik akan menjadi magnet apabila ada interaksi di sana. Dan jika blog anda sepip dari pengunjung, coba pancing mereka dengan membuaat konten yang mengajak mereka terlibat, seperti :

  • Adakan kuis berhadah.
  • Undang mereka untuk ikut menulis.
  • Buatlah artikel yang mengundang diskusi.
  • Kirimkan postingan blog andra ke pihak pihak yang disebut melalui email.
  • Promosikan blog Anda di sejumlah forum forum komunitaas yang terkait dengan industri bisnis A Ajak mereka mendiskusikan artikel yang Anda tulis.

5 # Gunakan Keyword

Agar postingan Anda muncul di hasil pencarian search engine, pahami keyword tertentu yang paling sering dicari orang. Pakailah keyword research tools, seperti Google Keyword Tool. Setelah mengetahui kata-kata apa saja yang paling sering dicari, sisipkan kata-kata itu pada postingan blog Anda.

Demikianlah ulasan mengenai 6 trik meningkatkan trafik blog. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi Anda. Salam sukses.

About The Author

Reply

Pesan Anda