Trik menulis untuk Bisnis Anda: Tulislah Sesuatu yang Menjual!

Trik menulis untuk Bisnis Anda: Tulislah Sesuatu yang Menjual!

Trik menulis untuk Bisnis Anda: Tulislah Sesuatu yang Menjual!

Bisnis online pada dasarnya serupa dengan bisnis biasa. Perbedaan utamanya, kita menjalankannya secara online. Sedangkan pada bisnis offline, kita dapat berkomunikasi secara lisan, langsung, ke pasar dan pelanggan. Mereka bisa melihat produknya secara langsung, bisa disentuh, dicium, diraba dirasakan, dikecap. Tapi bisnis online, semua harus ditampilkan dalam bentuk tulisan, gambar atau video.

Saat ini tulisan masih memegang peranan penting, sebab para pembelanja online melakukan pencarian di searching engine seperti Google dengan menggunakan kata kunci. Mereka mengetikkan kata kunci yang berhubungan dengan apa yang dibutuhkan. Dan mengetahui sebagian besar informasi hasil pencarian tersebut pun dari tulisan tulisan.

Sehingga jika kamu ingin menampilkan bisnis online secara menarik, maka tulislah sesuatu yang benar benar menarik, detil dan tentu saja “menjual’ tentang produk atau service yang ditawarkan. Menjual disini mempunyai arti mampu membuat orang paham bahwa kamu menawarkan sesuatu kepada mereka, yang dapat membantu, ataupun memenuhi kebutuhan mereka.

Tuliskan itu semua secara jelas, menarik, detil, interaktif, dan mengundang banyak orang untuk terlibat. Tentu saja semua perlu didukung dengan penampilan grafis/gambar atau video yang sesuai. Namun tetap tulisanlah yang menjadi “ujung tombak”.

Berikut tahapan menulis deskripsi bisnis yang efektif :

1# Pahami Siapa Pengunjung Anda

Sebelum anda memulai menulis, pastikan anda sudah mengerti siapa sasaran dari tulisan yang anda buat. Mulai dari berapa rentang umurnya, tingkat ekonominya, tingkat pendidikannya, hingga apa yang mereka butuhkan atau inginkan. Dari sini anda akan dapat dengan mudah memulai dari sudut pandang mana akan mendeskripsikan produk atau jasa atau apapun yang akan anda tulis.

2# Berikan Judul yang Menarik Perhatian

Judul yang membuat tersentak, terpesona, penasaran, dan tertarik. Begitu juga dengan tag line dan logo, judul bertujuan merebut perhatian pengunjung dengan cara yang sederhana dan mudah. Sehingga meninggalkan kesan mendalam agar pengunjung akan langsung terdorong untuk ingin tahu lebih banyak tentang apa yang anda tulis.

3 # Tunjukkan bahwa Produk yang Anda tawarkan dapat Memecahkan Masalah

Anggapan bahwa setiap pengunjung datang untuk mendapatkan bantuan dari anda, adalah penting ditanamkan dalam pikiran anda, walaupun hanya dalam bentuk data, informasi atau petunjuk. Tawarkan solusi itu dalam situs web anda, produk anda lah yang diperlukan oleh para pengunjung.

4 # Sertakan Testimoni Para pelanggan Anda

Kesaksian pelanggan yang sudah menikmati produk atau jasa anda adalah promosi yang ampuh. Seandainya pun belum mendapatkan pelanggan, berikan saja produk atau jasa anda secara gratis kepada beberapa teman atau saudara atau siapapun yang berpotensi sebagai penyumbang kesaksian terbaik, minta mereka untuk mengomentari produk tersebut dalam beberapa kalimat saja.

Baca juga: Contoh Teks Iklan Yang Paling Ampuh Menarik Pelanggan

5 # Cantumkan Fakta dan Manfaat dari Produk Anda

Adalah wajib hukumnya untuk menjelaskan terlebih dahulu manfaat dari produk anda, baru kemudian menguraikan dengan jelas kelebihan dibanding produk lain yang sejenis. Tidak perlu memuji muji, cukup berikan fakta yang ada. Usahakan pengunjung langsung tahu apa yang akan mereka dapatkan jika menggunakan produk anda.

6 # Susun Tawaran Terbaik

Buat strategi untuk menawarkan produk anda, dengan perlakuan khusus beri pembeli dengan kemudahan, kepraktisan atau bisa dengan diskon atau bonus khusus.

7 # Berikan Jaminan

Jaminan kualitas maupun jaminan transaksi kepada pembeli perlu ditekankan di awal proses transaksi. Misal, jika pengiriman tidak sampai setelah pembeli membayar, maka  mereka mendapat gantinya, begitu juga jika ada perbedaan kualitas dengan produk yang diterima. Karena jaminan disini merupakan salah satu upaya anda  memberikan rasa aman yang sangat dibutuhkan oleh pembeli, mengingat tidak sedikit aksi penipuan di dunia maya.

8 # Berikan Ajakan Bertindak di Akhir  Tulisan

Dengan ajakan bertindak atau call-to-action (CTA) ini, maka anda akan mendorong pembaca untuk melakukan sesuatu. Misalnya gabung dengan blog anda, download suatu ebook, daftar seminar atau membeli produk, atau apapun.

Setelah pengunjung selesai membaca tulisan anda, mereka meng-click CTA, anda pun juga akan mendapatkan tambahan basis data pengunjung. Tapi bagi pengunjungpun CTA juga bisa jadi sumber tulisan lain, misal anda menghubungkannya dengan tulisan lain anda yang mempunyai subject yang serupa.

Tulisan yang informatif meningkatkan daya tarik, dan semua deskripsi tertulis di atas merupakan syarat utama agar para pengunjung paham detil produk, layanan, prosedur atau informasi lain perihal bisnis anda. Tidak kalah penting bahasa yang digunakan menggunakan bahasa yang populer tapi masih tetap mudah dipahami.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda