Trik Riset Key Word untuk Blogger Pemula

Trik Ampuh Riset Key Word untuk Blogger Pemula

Trik Ampuh Riset Key Word untuk Blogger Pemula

Dengan riset keyword (kata kunci) yang benar akan mengetahui dengan tepat kalimat pencarian apa digunakan oleh para pembaca konten. Ini adalah bagian yang sangat penting bagi para blogger dalam upaya meningkatkan traffic pengunjung blog.

Tidak sedikit ditemukan blog yang mempunyai beberapa kata spesifik sebagai referensi produk mereka, sedangkan kelompok pengguna sasaran blog tersebut menggunakan kata kata pencarian yang jauh berbeda, sehingga blog tersebut sulit sekali bahkan tidak bisa ditemui oleh kelompok tersebut.

Maka sudah sewajarnya pada jaman sekarang ini, mesin pencarian di dunia maya menjadi rujukan utama dan yang pertama saat calon pembeli mencari informasi tentang produk dan kebutuhannya.

Dan sebagai produsen yang menghasilkan suatu produk atau jasa, akan menjadi keharusan untuk menggunakan mesin pencari sebagai alat vital dalam memperkenalkan produk tersebut.

Sehingga dapat dengan mudah Anda simpulkan, bahwa menemukan kata kata kunci yang tepat dapat membantu suatu halaman situs web mendapatkan ranking yang tinggi pada berbagai search engine.

Lalu, bagaimana cara tepat dalam melakukan riset keyword, berikut ini ulasannya:

1# Fokus pada pola bahasa

Sebenarnya, inti dari penelitian katakunci merupakan pencarian sejumlah kata atau frase yang oleh pelanggan berprospek dalam lingkup bisnis Anda digunakan sebagai bahan pencariannya, sehingga saat Anda menggunakan kata kunci tersebut, Anda akan mendapatkan rangking tinggi dalam proses pencarian. Oleh sebab itu, wajib hukumnya untuk Anda fokus pada bahasa yang digunakan oleh pelanggan sasaran Anda.

Tapi jangan sampai Anda mengawali proses penelitian katakunci tersebut dengan menggunakan beberapa kata dan frase yang mewakili perkiraan Anda tentang apa yang mungkin digunakan oleh pelanggan sasaran Anda. Dengan kata lain, Anda harus memastikan terlebih dahulu.

Dan di sini media sosial adalah modal penting Anda untuk memulainya. Media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Google+ sungguh berguna untuk mengetahui obrolan apa yang dibahas oleh pelanggan sasaran terhadap lingkup bisnis Anda.

Bahasa yang digunakan perlu Anda perhatikan dengan benar. Apa frase yang mereka gunakan dalam mendiskusikan masalah yang dihadapi? Konten seperti apa yang orang bagikan tentang lingkup bisnis tersebut, dan kata kata apa yang selalu muncul dalam setiap komentar? Buatlah diri Anda jeli menyikapi setiap obrolan dan ulasan di media sosial tersebut.

Jadi memang ada benarnya saat orang bilang “tresno jalaran seko kulino” – sayang karena terbiasa, pastikan Anda juga terbiasa dengan bentuk bahasa yang spesifik digunakan dan populer diantara pelanggan sasaran Anda, sehingga hal itu bisa mensukseskan proses penelitian katakunci karena Anda memulainya dengan sejumlah frase yang jelas jelas membidik pelanggan ideal Anda.

2# Evaluasi kembali kata kunci

Saat memilih sejumlah katakunci yang muncul ke permukaan, sadari bahwa ada beberapa katakunci yang lebih baik dibanding yang lain. Dan selalu lakukan evaluasi terhadap frase yang dipilih, sehingga mampu membantu Anda untuk mematangkan daftar katakunci yang  Anda miliki.

Coba buat daftar katakunci yang  berpotensi, lalu urutkan berdasar popularitas dan daya kompetisinya. Selalu pilih katakunci yang tergolong moderat hingga popularitasnya tinggi dan dengan daya kompetisi yang rendah. Kemudian gunakan Google Adwords untuk membuat semua pilihannya menjadi lebih mantap.

Mudah menggunakannya, masukkan katakunci piihan Anda dan kemudian Google Adword akan menampilkan banyaknya pencarian rata rata dalam tiap bulannya. Anda harus berikan patokan yang tinggi untuk popularitasnya, karena katakunci yang terpilih nanti harus yang digunakan oleh kelompok potensial pelanggan yang menjadi sasaran Anda.

Popularitas katakunci memang penting, tapi tidak berhenti disitu saja karena katakunci yang Anda pilih nantinya juga harus mempunyai stAndart kompetisi yang baik. Gunakan katakunci dalam tAnda petik ke dalam mesin pencarian Google.

Jika Anda menemukan banyak nama merek di halaman pertama hasil pencarian atau banyak hasil berasal  dari otoritas situs ternama seperti Amazon,CNN atau Wikipedia atau situs terkenal  skala nasional, maka hal tersebut merupakan indikasi yang kuat bahwa katakunci yang digunakan tadi mempunyai stAndar kompetisi yang tinggi dan mempunyai resiko kesulitan yang lebih tinggi pula untuk mendapatkan ranking.

Baca Juga: Lupa Menggunakan Keyword Potensial Karena Dikejar Target Artikel

3# Saran dari pakar

Saat menggunakan  Google adwords untuk mengevaluasi katakunci Anda, maka akan ditampilkan pula daftar rangkaian kata yang terkait yang mungkin berguna sebagai referensi Anda. Cermati saran atau bantuan tersebut. Karena dari awalnya mesin pencari  sudah dirancang dengan sistematika yang rumit untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Cobalah untuk lebih memperhatikan referensi katakunci tersebut. Perlakukan beberapa katakunci yang bisa menjadi referensi tadi, uji stAndar persaingan dan popularitasnya. Bisa jadi Anda menemukan harta karun katakunci disana.

4# Perbaharui Katakunci

Harus dimengerti bahwa Google  akan selalu memperbaharui algoritma dalam proses pencarian. Dan hal ini dipastikan berdampak terhadap strategi SEO suatu situs web.  oleh karena itu setelah menentukan katakunci yang ideal dan kemudian membuat strategi konten berdasar katakunci tadi, Anda diharuska untuk berusaha untuk terus mencari informasi lebihlanjut mengenai  antisipasii perubahan yang akan Google implementasikan.

5# Jaga Kesegaran Kata Kunci

Akibat dari begitu kompleknya penelitian katakunci membuat bisnis tersebut menghabiskan banyak sekali waktu untuk melalui proses tersebut di awal pembuatannya. Tapi tidak sedikit yang kemudian melupakannya. Kenyataan itu merupakan kesalahan yang besar karena pola bahasa yang dilakukan untuk membahas lingkup bisnis Anda akan berubah seiring dengan waktu.

Tips yang satu ini sebenarnya hanya beri kepastian agar Anda menjaga tetap on-trend dengan pola katakunci yang konsumen sasaran lakukan saat ini. bisa juga Anda membuat bbeberapa artikel atau menawarkan conten yang berbeda yang membidik katakunci terbaru yang masih relevan dengan lingkup bisnis Anda.

Nah, demikianlan ulasan tentang trik riset key word untuk blogger pemula. Semoga ulasan di atas  dapat membantu Anda menyusun kata kunci yang ideal  dan memastikan stategi konten Anda akan selalu kekinian dan  relevan.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda