Twitter: Kicauan yang Dapat Meledakkan Omset

 

Ilustrasi- Twitter: Kicauan dapat Meledakkan Omset

Ilustrasi- Twitter: Kicauan yang Dapat Meledakkan Omset

Sebagai salah satu platform media sosial, kini Twitter berkembang dengan 300 juta lebih pengguna di seluruh dunia sampai Desember 2016 berdasarkan data statista.com. Para pelaku bisnis meraup keuntungan tiada henti dari sejumlah bisnis yang didukung kicauan di Twitter. Bisa dibayangkan hanya dari kicauan di twitter, Anda berkesempatan menjadi jutawan dari bisnis Anda. Wow …menarik bukan?

Tidak hanya mendukung kegiatan bisnis saja, data kicauan pengguna Twitter juga dimanfaatkan untuk kepentingan riset, sains, kesehatan, marketing, politik hingga bencana alam. Dari sebuah aplikasi sederhana, kini Twitter berkembang menjadi platform media sosial yang serbaguna.

Bagi pebisnis online yang baru merintis bisnis, Twitter dapat menjadi salah satu tools yang dapat mengembangkan jaringan branding dan meledakkan omset penjualan. Bagaimana membuat kicauan Twitter dapat meledakkan omset bisnis?

Reginald Chan, seorang marketing blogger melalui http://curatti.com/ mengungkapkan 3 aspek yang perlu diperhatikan para pelaku bisnis dalam upaya meledakkan omset melalui platform Twitter. Berikut ini ulasannya:

1 # Memonitor Tren Terkini

Saat ini kicauan di twitter tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak orang melakukan posting tweet secara spontan. Informasi mengenai peristiwa banjir, tragedy kecelakaan hingga beragam  tweet mengenai musik yang disukai, buku yang sedang dibaca, film yang menarik dan lipstik yang sedang tren mewarnai kicauan di twitter setiap harinya.

Ini adalah peluang yang sebaiknya Anda gunakan. Melalui twitter Anda dapat memonitor tren terkini guna meningkatkan omset bisnis Anda.  Memonitor tren terkini di twitter dapat efektif dengan menggunakan aplikasi Hootsuite. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membuat kolom-kolom sesuai dengan kategori yang diperlukan.

Misalnya kolom dengan tagar online marketing akan memunculkan semua tweet dengan tagar itu. Jika kolom dengan tagar musik, tweet yang akan muncul juga terkait dengan hal-hal yang berkaitan dengan musik. Dengan mengetahui tren-tren terkini di twitter, pebisnis dapat mengetahui segala informasi yang terkait dengan bisnisnya. Adakah yang bisnisnya serupa? Atau adakah orang-orang di twitter yang memerlukan produk atau jasa kita?

Ilustrasi - Twitter: Kicauan yang Dapat Meledakkan Omset

Ilustrasi – Twitter: Kicauan yang Dapat Meledakkan Omset

2 # Twitter sebagai Alat Keterlibatan

Twitter diperhitungkan sebagai model keterlibatan yang real time. Kicauan-kicauan mengenai keluhan pelanggan sering mewarnai  halaman beranda twitter. Kita dapat menemukan berbagai kicauan dari seorang pengguna yang melakukan tweet tentang keluhan menggunakan sebuah produk gadget tertentu hingga bagaimana ungkapan seorang pengguna terkait suatu produk layanan yang memuaskan.  Inilah kekuatan twitter  yang tidak bisa dipandang sebelah mata.

Dengan forum twitter, respon cepat dari pelanggan mengenai kualitas suatu produk dapat tersampaikan. Ini akan memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis dalam melakukan evaluasi  produk yang sudah dipromosikan.

3 # Twitter sebagai Penganalisis Target Pasar

Di Facebook, ada Facebook Open Graph atau Insights untuk menganalisis interaksi audiens. Bagaimana dengan Twitter? Twitter memiliki tool gratis untuk menganalisis kita dan audiens. Dalam tools tersebut Anda akan melihat tweet mana yang paling banyak direspons, siapa yang melakukan tweet hingga kapan waktu paling lama respons didapatkan.

Dari semua informasi tersebut, kita akan mendapatkan data:

  • Siapa saja mereka?
  • Apa minat/interes mereka?
  • Di mana lokasi mayoritas audiens?

Saat ini marketing adalah tentang bagaimana menjual produk yang tepat ke orang yang tepat. Dengan melakukan analisis audiens di Twitter, kita dapat mengenali mereka. Apakah sudah tepat dengan produk kita?

4 # Twitter sebagai Layanan Pelanggan

Hal ini banyak dilakukan oleh perusahaan yang ingin menampilkan ke publik bagaimana mereka sangat peduli pada pelanggan. Ada akun-akun seperti @FirstMediaCares, @BoltCares, @BigtIVcare dan @XLCare. Akun-akun tersebut khusus didedikasikan untuk melayani keluhan atau pertanyaan pelanggan.

Kelebihannya, saat mereka memiliki kualitas yang bagus dalam melayani pelanggan di Twitter maka reputasi mereka di mata audiens menjadi baik. Namun, jika layanan tidak memuaskan pelanggan, hal tersebut akan berdampak pada reputasi  mereka di mata audiens di Twitter. Bagaimana dengan Anda? Siapkah menghadapi konsekuensi ini?

Demikianlah ulasan mengenai Twitter: Kicauan yang Meledakkan Omset. Semoga ulasan tersebut menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda. Salam sukses!

 

About The Author

Reply

Pesan Anda