Unsur Intrinsik Cerpen, Puisi dan Drama yang Paling Lengkap dan Penting

unsur intrinsik cerpen

Saat ini mungkin teman kita yang belajar di bangku pendidikan sendang belajar banyak tentang cerpen. Apa itu cerpen, kemudian apa saja yang terkait di dalamnya, bagaimana alur ceritanya bahkan sampai kepada apa unsur intrinsik cerpen tersebut. Tapi beruntunglah buat kamu yang menemukan tulisan ini, karena saya yakin kamu akan memahami betul apa yang akan saya bahas di sini.

Dalam tulisan saya ini, saya tidak akan membahas tentang unsur intrinsik cerpen saja, melainkan juga unsur intrinsik puisi dan drama. Kita akan membahasnya bersama agar kamu semua mengerti bahwa sangat penting memahami unsure intrinsic cerpen, puisi dan drama. Jangan sampai kita tertukar dan akhirnya tulisan kita menjadi mengambang dan tidak terarah.

Yuk langsung kita bahas saja yah… supaya paham semua. Kita bahas dulu pengertiannya yah

Pengertian Cerpen, Puisi dan Drama

1#. Cerpen

atau sering disingkat sebagai cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif. Cerita pendek cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi lain yang lebih panjang, seperti novella (dalam pengertian modern) dan novel. Karena singkatnya, cerita-cerita pendek yang sukses mengandalkan teknik-teknik sastra seperti tokoh, plot, tema, bahasa dan insight secara lebih luas dibandingkan dengan fiksi yang lebih panjang. Ceritanya bisa dalam berbagai jenis (itu kalau kita ambil pengertian dari wikipedia).

2#. Puisi

adalah seni tertulis di mana bahasa digunakan untuk kualitas estetiknya untuk tambahan, atau selain arti semantiknya. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa membaca arti puisi langsung dari Wikipedia.

3#. Drama

merupakan genre (jenis) karya sastra yang menggambarkan kehidupan manusia dengan gerak. Drama menggambarkan realita kehidupan, watak, serta tingkah laku manusia melalui peran dan dialog yang dipentaskan. Pengertian ini juga bisa kamu baca lengkap dari wikipedia.

Unsur Intrinsik Cerpen, Puisi dan Drama yang Paling Penting

## Unsur Intrinsik Cerpen:

1. Tema

Tema atau yang biasa disebut Theme adalah ide yang ingin dikembangkan dalam sebuah cerita. Dengan tema ini sebagai acuan, maka sangat kecil kemungkinan lari dari alur cerita yang akan kita buat

2. Alur

Alur memiliki sebuah tautan antara sebab dan akibat terjadinya suatu cerita. Ini sangat erat kaitannya dengan tema. Oleh karena itu SANGAT penting bagi kamu memahami tema sebelum memulai cerita.

3. Tokoh

Dalam sebuah cerpen, sudah bisa dipastikan ada tokoh yang terlibat. Tokoh merupakan orang atau pelaku cerita. Sifat darin seorang tokoh dapat dilihat dari  penjelasan penulisnya, dari teknik penulisan seorang pengarang, biasanya kita mudah mengetahui apa sifat dari seorang tokoh yang digambarkan.

4. Setting atau latar

Nama lain dari setting adalah  latar yang merupakan bagian dari waktu, tempat, keadaan yang digunakan oleh penulis.

5. Sudut Pandang

Sudut pandang disini bisa penulis bisa juga menggambarkan seseorang. Misalnya, apabila penulis menyebutkan kata “Aku” dalam cerita berarti menggunakan sudut pandang pertama yaitu penulisnya, sementara jika seseorang pengarang menyebutkan Dia berarti menggunakan sudut pandang kedua atau orang lain.

Terkadang orang suka memberikan unsure yang ke 6 yaitu amanat. Tapi ini tidak selalu HARUS dibuat. Asalkan kita bisa menuliskan pesan yang tersirat, maka tidak perlu kita buatkan adegan atau cerita khusus tentang memberikan amanat.

Kelima bagian di atas sangat penting dalam memahami Unsur Intrinsik Cerpen. Jika tidak kita pahami dengan baik, maka biasanya akan berdampak pada alur cerita. Bisa lambat atau mungkin anti klimaks.

# Unsur Intrinsik Puisi :

1. Tema atau yang sering dikenal dengan sense

Ide utama dari sebuah puisi. Sama seperti cerpen juga memiliki ide pokok yang ingin dikembangkan

2. Amanat atau pesan

Isi dari puisi yang akan disampaikan dari pembuat kepada setiap pembaca dan pendengarnya.

3. Nada

Agak berbeda dengan cerpen, pada puisi ada nada yang menentukan intonasi tulisannya. Nada ini juga sangat diperlukan untuk menekankan apa yang hendak diutarakan.

4. Emosional

Cerpen mungkin membutuhkan emosional juga dalam pembacaannya. Tetapi dalam puisi hal ini harus diutarakan dengan jelas, Artinya membutuhkan suara yang terdengar.

5. Perasaan

Puisi selalu dikaitkan dengan emosi dan perasaan. Biasanya dengan isi puisi, bisa lebih mengena dengan intonasi, nada, mimik dan melibatkan perasaan baik pembacanya maupun pendengarnya.

# Unsur Intrinsik Drama :

unsur intrinsik drama alur

Ilustrasi unsur intrinsik drama

1. Alur

Bisa digambarkan seperti gambar di bawah ini. Penjelasannya adalah alur meupakan sebuah rangkaian atau penghubung peristiwa berdasarkan hubungan waktu serta hubungan sebab akibat.

2. Tokoh

Dalam sebuah drama pasti ada tokoh. Dalam sebuah cerita drama, pada umumnya terdapat tokoh baik (protagonis) dan tokoh jahat (antagonis). Tokoh-tokoh drama disertai penjelasan mengenai nama, umur, jenis kelamin, ciri-ciri fisik, jabatan, dan keadaan kejiwaannya.

Karakter seorang tokoh jelas terbaca dalam dialog dan catatan samping. Karakter tokoh biasanya dapat terbaca melalui gerak-gerik, suara, jenis kalimat, dan ungkapan yang digunakan.

3. Dialog

Ciri sebuah drama tidak kaku seperti kita mendengar puisi atau membca sebuah cerpen. Drama memiliki sifat dialog lebih luas dan komunikatif.

Cirri dialog adalah digambarkan dengan minimal 2 orang. Sementara kalau cerpen bisa saja hanya satu orang mulai dari awal sampai selesai

4. Petunjuk laku

Adalah catatan pinggir yang menggambarkan situasi, kondisi panggung, sound atau suara, pendukung pementasan, suasana dan masih banyak lagi. Lihat contoh berikut :

petunjuk laku

5. Latar

Latar ini menyangkut tiga hal yang sangat penting yaitu tempat, ruang dan waktu kejadian

6. Tema

Gagasan pokok drama tersebut. Unsur Drama yang satu ini sangat penting karena menyangkut ide pokok yang akan dibaha dalam draa tersebut.

7. Amanat

Dalam sebuah pertunjukan, sudah pasti harus ada amanat atau pesan yang ingin disampaikan. Demikian juga dengan drama. Pesannya harus jelas dan membawa perubahan.

contoh pesan drama

Itulah bagian penting dari Unsur Intrinsik Cerpen, Puisi dan Drama yang Paling Penting. Semua unsure-unsur itu harus ada karena jika tidak, maka kita akan kesulitan mendapatkan kesimpulan dan pesan cerpen, puisi serta drama.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda