7 Usaha Modal Kecil yang Bisa Dilakukan PNS

Usaha modal kecil adalah usaha yang modalnya tidak besar. Memang ini masih menjadi kategori yang sangat relatif, mengingat besar atau kecilnya suatu modal tidak bisa disamakan kepada setiap orang. Ada yang mengatakan modal 10 Juta cukup besar. Sementara ada yang mengatakan Modal 20 Juta tidak terlalu besar. Belum lagi melihat jenis usaha yang dibangun. Jadi dari kenyataan tersebut, besar atau kecilnya modal yang digunakan untuk membuat sebuah usaha tidak tergantung kepada besarnya nominal uang, tetapi nilai usaha tersebut.

Untuk para PNS yang ada di Indonesia ini, saya berharap untuk modal 5 jt rupiah termasuk modal yang tidak besar bisa kita sebut usaha modal kecil. Setuju yah teman-teman? Alasanya karena gaji PNS saat ini sudah dapat dikatakan cukup. Jika teman-teman PNS masih ada yang mengatakan kurang, maka saya akan memberikan beberapa peluang usaha bisnis modal kecil yang bisa anda lakukan:

1. Jasa Pengetikan

Untuk PNS usaha seperti jasa pengetikan ini tentu masih bisa dilakukan setelah pulang kerja di sore hari. Pekerjaanya tidak terlalu berat dan tidak menyita waktu. Sementara untuk bayaranya lumayan untuk biaya tambahan kebutuhan. Untuk bahan yang ingin di ketik, bisa lakukan promosi ke lingkungan-lingkungan sekitar anda, dan buat spanduk di depan rumah anda bahwa anda menerima jasa pengetikan.

2. Jualan Pulsa dan Accesories Handphone

Jangan pernah sepele degan usaha ini. Beberapa teman saya yang memiliki toko handphone di ITC cempaka Mas, Jakarta mengatakan bahwa lebih besar persentase keuntungan dari penjualan accesories handphone daripada keuntungan penjualan handphone itu sendiri. Dan hal ini dibenarkan dari sebagian besar pedagang handphone. Anda bisa memulainya setelah anda pulang kerja di siang hari atau sore hari. Carilah tempat/Distributor yang memberikan harga murah, agar anda bisa menjualnya dengan harga miring.

3. Guru Les

Jika anda adalah guru sekolah, maka usaha yang bisa anda lakukan dengan usaha modal kecil ini adalah menjadi guru les privat. Anda hanya butuh modal kecil untuk membeli spidol, penghapus, papan tulis dan sediakan ruangan untuk belajar. Tidak perlu mengambil untung besar, tapi biarkan mereka terus menerus belajar kepada anda.

4. Usaha Menjahit

Bagi PNS yang bisa menjahit, bisa membuka usaha jasa penjahitan. Misalnya menjahit pakaian untuk pengantin, jahit Celana atau mungkin kebaya bahkan baju batik juga bisa. Modalnya hanya butuh Mesin jahit, benang, gunting dan alat jahit lainya. Mungkin dana yang anda keluarkan tidak sampai 5 juta rupiah, anda sudah bisa menjalankan usaha ini. Untuk tempatnya, anda bisa gunakan rumah anda sebagai tempat penjahitan. Kuncinya adalah ketekunan, jahitan yang rapih, ramah, murah dan jangan lupa Promosi.

5. Bisnis Online

Untuk bisnis online, anda bisa mulai belajar dari Internet. Atau silahkan isi email Newsletter kami di samping tentang “Cara memulai bisnis Online”, nanti akan kami kirimkan e-book panduan cara berbisnis online. Untuk barang yang anda jual bisa barang anda sendiri, atau mungkin barang orang lain

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online

Baca Juga : Bisnis Online dari Facebook

Baca Juga : Bisnis Travel Tapa Modal

6. Jasa Pembuat Website dan Blogger

Usaha ini perlu memiliki kemampuan internet yang cukup mumpuni. Artinya anda yang ingin pekerjaan sebagai pembuat website dan blogger, maka anda butuh mempelajari tentang script HTML dan beberapa penguasaan ilmu komputer lainya. Mulailah belajar dari hal yang sederhana, maka anda akan bisa menguasainya. Setelah anda kuasai maka anda tinggal mencari orang yang ingin membuat website. Mudah bukan??

7. Beternak

Usaha sampingan berikutnya adalah beternak. beternak dibedakan menjadi tiga (3). Ternak Besar, Sedang dan kecil. pilihlah beternak kecil alasanya karena anda adalah PNS, maka waktu anda terbatas untuk mengatur kegiatan tersebut. Pilihlah ternak yang tidak lama masa panenya. Misalnya ayam potong, kambing (1 kali setahun pasti ada kurban)

Baca Juga : Usaha Budidaya sebagai Usaha Sampingan

6. Membuka Toko kelontong

Baca Juga : Sembako “Peluang Usaha Modal Kecil Untung Berlipat”

Usaha modal kecil yang satu ini sangat cocok jika dibaut di perumahan-perumahan. Biasanya perumahan selalu ada ruko-ruko di daerah depan perumahan tersebut. Alasanya sangat sederhana, bahwa orang yang ada di perumahan tersebut akan lebih suka berbelanja di tempat yang dekat daripada di tempat yang jauh. Sehingga orang di perumahaan lebih nyaman dan terfasilitasi dengan adanya warung sembako di daerahnya.

7. Menjual Produk Afiliasi

Produk afiliasi mudah dilakukan. Cukup dengan membuat link afiliasi, kemudian anda sebarkan di Facebook, Twitter atau mungkin G+ setelah itu jika ada yang membeli peroduk tersebut, maka anda akan mendapatkan komisi dari si penjual.

Baca Juga : Kaya Dari Bisnis Afiliasi

 

  • - 8/10
    8/10
8/10

Related Posts

About The Author

2 Comments

Add Comment

Pesan Anda