Usaha Travel Online adalah Usaha Jangka Panjang

usaha travel online adalah usaha jangka panjang dengan keuntungan menggiurkanMungkin artikel ini hanya cocok bagi frens yang memiliki usaha travel online saja. Keculai bagi frens yang ingin memulai usaha travel online, silahkan membacanya dengan seksama. Karena saya akan mengupas beberapa hal penting yang harus menjadi pertimbangan ketika frens mau memulai usaha travel online.

Ada beberapa hal yang penting bahkan sangat penting untuk diperhatikan sebelum kita membuat usaha ini. Diantaranya yaitu bahwa kita HARUS PAHAM betul, bahwasannya usaha travel dari penjualan tiket baik itu tiket pesawat dalam dan luar negeri ataupun tiket kereta bahkan voucher hotel memiliki komisi yang tidak terlalu besar. Kalau bisa saya katakan komisinya biasanya tidak sampai 50rb rupiah pertiket tergantung besarnya harga tiket. Tetapi rata-rata seperti itu.

Baca Juga : Prospek Bisnis Travel Online

Kalaulah keuntunganya 50rb pertiket, dan anggap dalam satu bulan kita bisa menjual 30 tiket, maka keuntungan kita dalam 1 bulan adalah Rp 1.500.000,- (satu juga lima ratus ribu rupiah). Mungkin untuk sebagian orang angka ni tidak terlalu besar mengingat dalam penjualan tiket tersebut, kita harus mengeluarkan biaya operasional. Anggaplah keuntungan bersihnya Rp 750.000,-

Beberapa orang menganggap keuntungan tersebut sudah cukup besar, tetapi ada yang menganggap terlalu kecil. Hal itu wajar saja karena dalam dunia usaha PASTI kita menginginkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Itu sudah hukum ekonomi.

Tapi coba frends tenang dulu dan menghitung kembali baik-baik. Bisal dalam sebulan frends semua bisa menghaslikan Rp 750.000,- BERSIH, tentu ini bisa menjadi saveing atau tabungan yang luar biasa. Perhatikan judul artikel ini baik-baik bahwa sanya bisnis travel online adalah bisnis jangka panjang loh freends. Jadi jangan mengharapkan terlalu besar disaat pertama sekali anda membuka sebuah usaha.

Sebenarnya dalam dunia usaha bisa kita pastikan hampir tidak ada usaha yang langsung menjadi besar. Ada tahapan yang HARUS dilalui agar keberhasilan atau keuntungna besar tersebut bisa diraih. Salah satunya adalah degan ketekunan dan kesabaran.

Sekarang kita ubah paradigma atau pola pikir kita. Kita anggap keuntungan bersih tiap bulan tersebut kita masukkan dalam sebuah rekening bank yang tidak ada potonganya tiap bulan. Misalnya rekening bank syariah. Tentu setiap bulan kita bisa menabung dengan kisaran tabungan Rp 750.000,- per bulan. Coba Frends hitung jika usaha travel online temans 3 tahun yang akan datang. Berapakah hasilnya????

YAP… jawabanya Rp 27.000.000,- LUAR BIASA BUKAN??

Ada hal lain yang perlu anda ketahui agar frends semua tidak muluk-muluk dalam mendapatkan keuntungan. Anggaplah anda bekerja di sebuah perusahaan. Mungkin pertanyaanya..”Bagaimana mungkin saya bisa menjual tiket sementara saya sibuk bekerja di kantor” Tenang Friends… kamu semua bisa memulai bisnis travel online ini TANPA harus berhenti kerja atau keluar kerja. Lakukan saja dan tawarkan kepada teman-teman sekantor mu. Siapa tahu mereka mau membeli tiket kepada frends semua.

Gunakan juga teknik promosi yang TERBUKTI AMPUH contohnya seperti berikut :

Jika ada seseorang yang ingin membeli tiket kepada anda, tetapi dia belum bisa langsung bayar tiketnya dikarenakan belum gajian, tentu kamu bisa talangi terlebih dahulu, kemudian setelah dia punya uang, kamu bisa menagihnya. Tujuanya agar teman kamu mau membeli tiket kepada mu dilain waktu (karena mereka bisa bayar setelahnya)

Berbeda dengan penjual tiket lainya seperti traveloka dan tiket.com. Biasanya kita harus konfirmasi dan langsung membayar tiket pada saat mau issued. Tentu ini menjadi nilai tersendiri bagi kita sebagai penjual tiket.

Intinya adalah seperti ini, jangan pernah menginginkan untung besar pada saat anda menjual tiket. Kecuali anda menjual produk yang memiliki keuntungan yang besar. Seperti paket TOUR dan UMROH. Ini memiliki keuntungan yang cukup besar. Tetap untuk menjualnya pun kita butuh kerja keras dan biaya marketing yang lebih.

Berapa lama bisa berhasil dalam usaha travel online

Untuk waktu yang dibutuhkan agar berhasil di dunia bisnis travel online ini biasanya butuh waktu sekitar 2 tahun jika kita tidak terlalu gencar. Tapi jika kita memang sangat gencar dalam berpromosi, biasanya tidak butuh waktu lama untuk kembali modal dan mendapatkan untung. Saya sarankan… jika frends semua memiliki PASSION dalam berbisnis travel, GENCARLAH dalam berpromosi. Dengan demikian maka anda akan lebih cepat berhasil.

Untuk teknik promosinya bisa menggabungkan 2 teknik saja :

  1. OffLine
  2. OnLine

Untuk teknik Online anda bisa menggunakan jejaring sosial media termasuk juga sosial chatt. Pakailah semua medai tersebut untuk berpromosi. Untuk marketing secara online bisa berbayar atau gratis. Pasang iklan gratis bisa anda lakukan di beberapa tempat seperti misalnya e-ciputra.

Sementara itu untuk teknik marketing Offline, gunakan kartu nama. Teknik ini pernah saya lakukan ketika saya mengikuti seminar-seminar. Jika frends sering ikut seminar, bagikanlah kartu nama anda dan katakan bahwa anda memiliki usaha travel dan menjual tiket pesawat atau tiket kereta. Bila dianggap perlu, ceritakan usaha travel anda. Siapa tahu mereka tertarik dan akhirnya mengikuti anda juga.

KESIMPULAN

  • Jika Anda ingin berhasil dalam Usaha Travel Online, Jangan sekali-sekali menginginkan keuntungan yang cepat dalam setiap usaha termasuk usaha travel online.
  • Jika anda ingin untung besar, berkorbanlah lebih besar, baik waktu, tenaga, pikiran dan uang 😀
  • Jalin kerjasama dengan beberapa instansi atau perusahaan
  • Pantang menyerah dan terus berusaha 🙂

Semoga anda sukses

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda