Wajib Untuk Master SEO Agar Muncul di Halaman Awal Google

halaman awal google

Halaman awal google | marketingjoss.com

Buat frends ku sekalian yang sering berkunjung ke www.marketingjoss.com kali ini saya membukakan rahasia dibalik muncul di halaman awal google dan materi ini langsung dikeluarkan oleh pihak google. Ingat…MATERI INI LANGSUNG SAYA DAPAT DARI PIHAK GOOGLE.

Sebenarnya bagi teman-teman pemain SEO, hal semacam ini sudah bukan hal baru. Bahkan bisa dibilang adalah hal WAJIB yang harus dipahami. Tapi kembali lagi kepada SLOGAN dan MOTTO blogging saya “Ilmu bukan untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain”.

Saya selalu membuat materi-materi yang langsung saya ketik sendiri dengan 10 jari saya ini dan tidak mencontek dari manapun. Saya olah sendiri dan akhirnya saya jadi kan tema atau materi artikel saya. Sehingga banyak dari teman-teman yang merasa materi yang saya buat adalah sangat berguna dan bermanfaat. Okey frends, terimakasih atas semua dukunganya.

Bagaimana sih Muncul di Halaman Awal Google?

Muncul di halaman awal google adalah dambaat setiap penulis Digital. Atau Digital content writing. Tapi ternyata tidak mudah untuk memunculkanya di halaman awal google. Hal ini dikarenakan SANGAT banyak orang yang juga ingin muncul di halaman awal google. Oleh karena itu, Google membuat algoritma canggih bahkan algoritma tercanggih dalama mesin pencarian sampai saat ini.

Tujuan utamanya hanya satu yaitu GOOGLE ingin memberikan pencarian yang PALING RELEVAN dengan pengguna mereka. Hanya itu saja tujuanya.

Dengan demikian kepercayaan orang bahkan setiap orang di seluruh penjuru dunia akan ditaruh kepada mesin pencari mereka. Dan ini sudah terbukti. Kita sering mendengar apa-apa “googling ajah” apa-apa “googling-ajah”.

Itu artinya orang sudah sangat percaya kepada Google dikarenakan pencarian yang sangat-sangat relevan dengan yang kita cari. Lalu bagaimana caranya?

Berikut cara muncul di halaman awal google!!

Langsung saya lansir dari laman page goole aslinya berikut penuturan support google agar muncul di halaman awal google:

1. Menyediakan konten berkualitas tinggi pada website anda

Logika sederhananya begini yah frends… Orang menggunakan mesin pencari google itu sebenarnya untuk apa siih?? yah untuk mencari yang mereka butuh kaan??? Nah… Jika kamu membuat konten yang begitu baik dan berkualitas tinggi, tentu ketika orang mencari sesuatu di Google, mereka akan menemukan website kamu.

Mengapa bisa demikian, alasanya adalah… ketika orang menunjungi website kamu, maka orang tersebut akan betah berlama-lama di website kita (dikarenakan yang mereka cari tersebut berada di website anda). Hal ini dinilai oleh Google sangat baik dan meningkatkan rangking anda di google.

halaman awal google bounch

Bounch rate ilustration

Bagaimana Google bisa tau sampai berapa lama orang berada di halaman website kita, tentu saja… karena Google selalu memverifikasi website kita melalui Google Analytics. Dari Google Analytics inilah Mesin Google mencatat semua data aktifitas pengguna website anda. PAHAM kan Frends…. Jadi jangan sekali-sekali membuat konten yang jelek atau tidak bermutu, karena website anda akan dengan mudah ditinggalkal pengunjung.

Jika website anda cepat ditinggalkan pengunjung maka rasio pentalan atau Bounchrate anda tinggi. Jika bounch rate sebuah website tinggi, maka website tersebut dianggap tidak relevan dengan pencarian pengguna. Jadi… Menulis konten dengan kualitas tinggi adalah hal MUTLAK bagi anda seorang blogger sejati.

2. Jadikan website anda mobile Friendly

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa saat ini masyarakat dunia secara umum dan Indonesia secara khusus sudah banyak menggunakan Gadget atau smartphone. Itu artinya mereka lebih mudah mencari sesuatu dari smartphone mereka. Data dari google juga menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan terhadap penggunaan mesin pencari mereka melalui smartphone.

Halaman awal google pengguna mobile

Data pengguna mobile | marketingjoss.com

Frends bisa melihat itu, bahwa data pengguna mobile devices dengan full browser menujukkan angka yang fantastis. Dengan kata kunci Smartphone murah maka lebih dari 65% orang mencarinya dari smartphone. Hal ini tentu sangat berarti bagi Google dan bagi anda sebagai blogger.

Kesimpulanya website yang anda bangun harus mobile friendly. Tujuanya jelas agar ketika dilihat dari smartphone website anda mampu menampilkan informasi yang akurat tapi juga dengan tampilan yang tetap elegan. perhatiak perbandingan kedua tampilan website ini :

Jadi, pastikan website anda sudah responsive atau sudah memiliki mobile vesrion nya.

3. Judul yang informatif bukan profokatif

Perhatikan frends, biasanya untuk meningkatkan kunjungan tau trafik ke website bisa digunakan segala macam cara. Mulai dari foto bagian depanya yang dibuat seronok atau tampilan foto wanita berbikini atau mungkin telanjang hingga judul yang terlihat profokatif. Profokatif maksudnya adalah judul yang mengandung unsur negatif dimana pembaca merasa penasaran dan ingin melakukan klik terhadap judul tersebut.

Frends… perhatikan ini baik-baik bahwa jika anda membuat hal demikian maka saya bisa memastikan website anda akan mendapatkan trafik yang tinggi TAPI dalam waktu yang sangat singkat. Setelah itu website anda akan terlempar perlahan-lahan dari halaman awal google.

Google memang mesin, tapi mereka juga tidak bodoh. Jadi bijaklah dalam menempatkan judul dan gambar.

Satuhal juga yang saya ingin sampaikan kepada Frends semua, jadilah Netter yang baik dan benar. Jika anda melihat hal-hal yang berbau judulnya profikatif atau fotonya menggiurkan untuk di KLIK, saya berharap anda bisa menahan diri dan tidak melakukan klik.

Perhatikan contoh di bawah ini :

halaman awal google profoke

ilustrasi

Gambar tersebut memiliki judul yang profokatif. Jadi saran saya teman-teman juga bijaklah dalam berinternet dan membaca. Hal – hal seperti ini akan dianggap Google sebagai bentuk pelanggaran, yang nantinya akan membuat peringkat website anda akan menurun dan hilang dari Google dengan sendirinya.

4. Tambahkan Data tersetruktur

Menambahkan data yang terstruktur akan membuat website anda mudah sekali di index google dan hal ini berefek keapda kualitas website anda. jika kualitas suatu website memang bagus, maka peringkatnya juga akan dinaikkan oleh Google.

Data terstruktur ini menyangkut poin-poin penting dalam sebuah artikel, siapa penulisnya, ada search engine termasuk juga kolom komentar. Memang secara eksplisit kolom komentar tidak berpengaruh, tapi dengan adanya kolom komentar maka pengunjung bisa menomentari website atau artikel anda. Dengan demikian akan terbangun interaksi yang hidup antara pembaca dengan publisher. Itu artinya kepercayaan Google akan meningkat dikarenakan website anda memang banyak yang mengomentarinya.

5. Tautan Situs

Untuk yang satu ini mungkin tidak perlu anda membuatnya sampai susah-susah. Maksudnya begini, bahwa yang dimaksud tautan situs adalah nama kerenya Backlink.

Jika website kamu memiliki artikel yang bermanfaat dan memang disukai banyak orang, maka biasanya orang akan dengan mudah mereferensikan website kamu.

Misalnya seperti website saya ini www.marketingjoss.com dimana website saya ini ternyata sudah banyak direferensikan orang sebagai tempat belajar SEO dan Bisnis online. Kok bisa???? Tentu saja bisa, ketika sebuah informasi kita dapatkan dengan tepat, maka biasnaya kita akan dengan mudah mensharenya bukan??? apalagi informasi tersebut memang bermanfaat bagi banyak orang.

Nah…Jadi buat teman-teman yang masih sibuk membuat BackLink, saya berharap tidak perlu membuat hal tersebut lagi. Fokuslah kepada konten yang benar-benar baik dan bermanfaat. Back link akan dengan sendirinya bermunculan.

Semoga dengan kelima poin di atas, kualitas website frends ku semua bisa JAUH lebih baik yah. Satu hal lagi yang sangat penting, berhentilah mencopy artikel orang lain. Jauh lebih baik anda Menshare nya kepada orang lain daripada anda mencopy nya.

Terimakasih atas atensinya… sukses buat semua pembaca www.marketingjoss.com 😀 😀 😀

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda