Waktu Ideal untuk Promosi Online Anda

Ilustrasi-Waktu Ideal untuk Promosi Online Anda

Ilustrasi-Waktu Ideal untuk Promosi Online Anda

Dalam upaya mempromosikan produk Anda secara online, perlu Anda perhatikan waktu yang ideal untuk berpromosi. Seperti yang kita ketahui, para pengguna internet tidak selalu online sepanjang waktu. Hal ini menjadi catatan bagi para pebisnis online, khususnya  bidang e-commerce.

Ada waktu-waktu tertentu di mana traffic internet sangat tinggi yaitu saat begitu banyak orang mengakses internet. Itu pun masih dipilah lagi, kapan waktu mereka online khusus untuk pekerjaan, kapan untuk berbisnis atau untuk keperluan pribadi.

Berbelanja online tergolong aktivitas yang sebenarnya masuk keperluan pribadi. Orang melakukannya di saat senggang, ketika jam istirahat makan siang, pulang kerja atau jelang istirahat di malam hari.

Pemilik online shop sebaiknya cukup cermat memperhatikan kapan sebaiknya dia melakukan promosi di online shop, menggugah konten di blog atau mengumukan suatu produk baru di Twitter, Facebook dan Instagram. Sebuah postingan akan efektif jika dilakukan di waktu yang tepat dan menyasar target yang pas.

Baca Juga: Mendapatkan Pelanggan Tanpa Promosi

Waktu Ideal untuk Marketplace dan Online Shop

Para pembelanja online punya kebiasaan melakukan browsing terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bertransaksi. Ada semacam pola yang sudah dikenali para pemilik online shop terkait perilaku belanja mereka. Pola itu adalah:

1# Pagi, Pukul 06.00 – 09.00

Sebelum memulai aktivitas, ada kebiasaan untuk browsing lebih dulu. Mereka mengakses media sosial, situs berita online untuk memantau informasi terkini. Dan tentu saja online marketplace dan online shop tidak luput dari pantauan, sebab mereka ingin tahu apakah produk terbaru atau produk yang mereka cari di sana. Jika online shop Anda mempunyai aplikasi mobile, inilah saat yang tepat untuk membuat notifikasi tentang ketersediaan produk terbaru atau promosi diskon dan sejenisnya.

2# Siang, Pukul 12.00-13.00

Jam istirahat makan siang sering dijadikan waktu untuk memeriksa apakah ada sesuatu yang baru di suatu online marketplace atau online shop. Mereka yang sudah menemukan produk diinginkan tadi pagi akan mempelajari lebih jauh tentang spesifikasi produk, harga, ketersediaan dan sejenisnya. Jika belum sempat menemukan sesuatu yang menarik, mereka akan browsing lagi. Inilah waktu yang tepat untuk mem-posting sesuatu yang menarik.

3# Sore Hingga Malam, Pukul 17.00 -21.00

Bagitu jam kerja selesai, orang akan “menghibur diri” dengan melakukan window shopping secara online. Sebagian dari mereka masih mengakses menggunakan internet kantor, untuk menunggu kemacetan mereda. Atau yang memutuskan untuk pulang, masih menyempatkan diri online melalui gadget di tengah kemacetan. Sampai menjelang tidur, traffic internet masih cukup tinggi. Waktu-waktu itu tergolong ideal untuk melakukan posting informasi tentang produk atau promosi sesuatu di online shop.

Waktu Ideal Posting di Facebook dan Twitter

Baik Facebook maupun Twitter juga mempunyai jam-jam sibuk tertentu di mana banyak pengguna online. Setiap platform media sosial punya polanya sendiri-sendiri. Ketika seorang pebisnis online ingin mempublikasikan sesuatu, entah itu konten di blog, tautan ke online ataukah tutorial tentang bisnis terbarunya, mereka juga harus mempertimbangkan kapan waktu ideal.

Sesungguhnya tidak ada jawaban pasti tentang kapan wakti yang tepat untuk mem-posting sesuatu. CoSchedule, sebuah konsultan media sosial, merangkum data dari berbagai sumber tentang waktu ideal untuk posting di beberapa media sosial:

1# Facebook

Waktu terbaik untuk mem-posting sesuatu di Facebook adalah pukul 3 sore. Waktu optimal lain adalah baik  antara pukul 12.00 – 13.00. Menurut Neil Patel, mood manusia membaik di hari Jumat. Maka sebaiknya posting-lah sesuatu yang semakin meningkatkan mood mereka. Waktu terburuk mem-posting di Facebook adalah akhir pakan sebelum pukul 08.00 dan sesudah 08.00 malam, demikian menurut riset SurePayroll.

2# Twitter

Sama seperti Facebook, pengguna Twitter dapat mengakses baik melalui mobile maupun komputer, baik di rumah maupun di tempat kerja Biasanya mereka senang melakukan klik tautan di Teitter ke blog atau situs berita online, saat di kereta, bus atau terjebak macet. Di hari kerja postinglah sesuatu di Twitter antara pukul 12.00-17.00. Bagi para pebisnis online waktu ideal untuk berkicau di twitter adalah Senin sampai Jumat.

 

About The Author

Reply

Pesan Anda