Yuk, Mari Peringatin Hari Guru Nasional Indonesia Kita

hari-guru-nasional

Setiap tahun pastinya kita memperingati Hari Guru Nasional Indonesia. Tepat setiap tanggal 25 November tiba, kita akan memperingati Hari Guru Nasional (https://www.masukuniversitas.com/selamat-hari-guru-nasional/).

Hari Guru Nasional diperingati untuk mengenang jasa dan pengorbanan guru yang mendidik pada anak-anak, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), TK (Taman Kanak), SD (Sekolah Dasar) dan sampai ke Sekolah Menengah Atas (SMA).

Ada banyak macam cara yang dilakukan untuk menunjukkan ekspresi penghargaan kepada pahlawan tanpa tanda jasa tersebut. Sebenarnya hari guru nasional (HGN) juga tidak dilakukan di Indonesia saja. Akan tetapi, di seluruh dunia pun memperingatinya. Tepat di bulan oktober Hari Guru Internasional pun diperingati. Nah, kali ini di Indonesia pun sama saja, akan tetapi beda bulan.

Betapa pentingnya kita merayakan dan turut senang, bahagia dan gembira dalam acara ulang tahun ini. Dengan beragam macam yang pastinya dilakukan dalam acara ini. Ada menaruh bunga di depan kantong baju, ada membilas kaki guru dan masih banyak lainnya.

Ekspresi juga beragam macam.

Ekspresi tersebut berupa ucapan – ucapan melalui pesan singkat dan kini lebih popular melalui media sosial seperti Facebook, Twitter dan juga Whatsapp. Sebagai bentuk penghormatan kepada guru dan juga PGRI, Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden nomor 78 Tahun 1994 menetapkan tanggal 25 November sebagai hari guru nasional.

Keputusan Presiden tersebut juga di perkuat dengan undang – undang  Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan Dosen. Sejak tahun 1994 setiap tanggal 25 November diperingati hari guru Nasional dan hari ulang tahun PGRI secara bersama – sama.

Penyelenggaraan upacara bendera Hari Guru Nasional di tahun 2015 berdasarkan surat Mendikbud RI Nomor 98173/MPK.A/TU/2015 perihal penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2015.

Melalui surat dari Kemendikbud Tersebut disampaikan kepada seluruh kepala perwakilan Indonesia di luar negeri, pemerintah daerah mulai dari provinsi hingga bawah agar menyelenggarakan upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional.

Hal ini pun juga tidak terlepas dari usaha kita untuk mengapresiasi para pahlawan tanpa tanda jasa yang sudah berjuang di masa kolonial belanda demi mencerdaskan bangsa dan demi memerdekakan indonesia.

Dan pada tahun ini pula kementerian pendidikan dan kebudayaan akan bekerjasama dengan beberapa asosiasi  profesi guru seperti PGRI, Federasi Guru Independen Indonesia (FGII dan juga persatuan Guru Nahdatul Ulama (Pergunu).

Rencananya akan bertemu dan akan mempersiapkan peringatan Hari Guru Nasional pada tahun ini. Yang merupakan kegiatan wajib dalam perayaan hari guru biasanya adalah ziarah ke Taman Makam pahlawan Kalibata Jakarta Selatan yang akan dipimpin oleh Kemendikbud langsung dan juga dihadiri oleh beberapa Organisasi Profesi Guru.

Nah, kali ini Kami juga turut bangga dan tidak selalu melupakan merayakan hari guru nasional. Untuk itu, di tulisan ini, Penulis mengucapkan selamat hari guru nasional Indonesia. Tetap bahagia, sehat dan makmur Guru-guru Indonesia. Amin. Selain pula, semoga para pahlawan tanda jasa selalu dapat bisa berjuang mencerdaskan kehidupan bangsa dan juga dapat meningkatkan kualitasnya dari tahun ke tahun.

Related Posts

About The Author

Add Comment

Pesan Anda